Kompas TV feature news or hoax

Hoaks Video Burung Garuda - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 17 Januari 2022, 19:44 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Beredar unggahan berupa video memperlihatkan seekor burung besar yang diduga merupakan burung garuda. Video tersebut disebarluaskan oleh sebuah akun tiktok lalu menjadi viral. 

Dalam video, tampak seekor burung berukuran besar mengepakkan sayapnya yang sangat lebar serta terdapat stiker "Garuda di Dadaku".

Faktanya burung yang ada di dalam video tersebut bukan seekor burung garuda. Burung itu merupakan burung bangkai griffon. Burung bangkai griffon merupakan burung yang spesiesnya banyak tersebar di Benua Afrika, Eropa, dan Asia Selatan.

Terlepas dari garuda adalah mitologi hindu, tak begitu banyak orang yang mengetahui burung garuda secara nyata.  Namun ada pula sebagian orang yang menganggap burung garuda itu ada.

Bahkan beberapa peneliti mengatakan terdapat tujuh jenis garuda di dunia, salah satunya garuda harpy di amerika selatan.

Burung tersebut memang tampak lebih besar dibanding kelompok elang lainnya, namun burung garuda mengalami kelangkaan yang membuat banyak pendapat yang mengatakan jika garuda dan elang itu sama.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x