Kompas TV video vod

Menteri PPN Umumkan Nama Ibu Kota Baru Indonesia Yakni Nusantara

Kompas.tv - 17 Januari 2022, 19:10 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengumumkan nama ibu kota baru Indonesia yakni Nusantara.

Meski nama Nusantara belum dicantumkan di Rancangan Undang-Undang ibu kota negara.

Pengumuman Nusantara sebagai nama ibu kota baru dilakukan Menteri PPN Kepala Bappenas saat rapat bersama panja RUU ibu kota negara, Senin (17/01) siang.

Baca Juga: Ibu Kota Baru Dinamai Nusantara, Sejarawan JJ Rizal Sebut Bertolak Belakang dengan Gagasan Pokok

Suharso menyebut, nama Nusantara sudah disetujui oleh Presiden Joko Widodo. Nama Nusantara dipilih pemerintah karena telah dikenal masyarakat luas baik dalam negeri maupun global  dan sudah menjadi ikon Indonesia.

Saat ini, Rancangan Undang-Undang ibu kota negara sedang dikebut oleh DPR agar bisa segera disahkan menjadi Undang-Undang dalam waktu dekat.

Meski masih menunggu pengesahan Undang-Undang IKN, pemerintah sudah merencanakan pembangunan tahap awal dan pemindahan lembaga negara ke ibu kota negara baru mulai tahun 2022  hingga 2024 mendatang.

Presiden Joko Widodo menyebut, pemindahan  ibu kota baru menjadi bagian dari transformasi besar-besaran yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara industri besar yang kompetitif di tingkat global.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x