Kompas TV video vod

Jelang KTT G20, Indonesia Siapkan Suvenir Karya Difabel Bagi Peserta Delegasi KTT G20!

Senin, 17 Januari 2022 | 15:36 WIB

Penulis : Shinta Milenia

BADUNG, KOMPAS.TV - Jelang Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 di Bali, beragam produk ekonomi kreatif disiapkan untuk suvenir bagi para delegasi negara peserta konferensi.

Salah satunya adalah suvenir kerajinan tangan hasil karya penyandang disabilitas di Kabupaten Badung, Bali yang kini telah rampung dikerjakan.

Ditemui di tempat tinggalnya di Desa Carangsari Badung, Ketut Tirtayasa yang merupakan penyandang disabilitas lumpuh kaki sangat bersemangat merampungkan pekerjaannya, membuat kerajinan tangan yang dibuatnya dari bahan kertas koran bekas.

Lembaran koran digulung satu persatu secara rapi dan selanjutnya dirangkai menjadi bentuk kotak, serta dipercantik dengan hiasan cat prada emas.

Baca Juga: Kreatif, Onderdil Motor Bekas Disulap Jadi Replika Robot

Menurut Tirta Yasa, kerajinan kotak kertas ini dibuatnya untuk memenuhi permintaan Menparekraf, Sandiaga Uno yang memesan langsung saat acara pemberian penghargaan 50 besar Anugerah Desa Wisata untuk desanya.

Dikerjakan selama kurang lebih 2 bulan, 100 kotak tempat sarung pesanan sang menteri pun kini sudah siap digunakan sebagai salah satu souvenir untuk para delegasi negara peserta Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 di Nusa Dua Bali.

Tidak hanya berupa kotak, beragam bentuk kerajinan lainnya seperti bokor, keranjang, tempat tisu, dan lainnya juga mampu dibuat Ketut Tirtayasa.

Selain kerajinan kotak dari Desa Carangsari Badung, Kemenparekraf juga telah menyiapkan suvenir lainnya berupa kain tenun gringsing, yang merupakan salah satu produk ekonomi kreatif khas Desa Wisata Tenganan Pegringsingan, Karangasem Bali.

Baca Juga: Pelaku Industri Kreatif di Belgia Demo Kebijakan Pemerintah yang Tutup Tempat Hiburan Karena Omicron

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:34
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19