Kompas TV regional berita daerah

Tidak Punya Biaya, Terpaksa Melahirkan Dirumah

Kompas.tv - 17 Januari 2022, 15:26 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

KLUNGKUNG, KOMPAS TV - Alasan tidak memiliki biaya, seorang warga pendatang asal Bima, Musa Tenggara Barat. yang tinggal ngontrak di lahan galian C Klungkung, Bali, terpaksa melahirkan dirumah. Hamidah melahirkan anak ketiganya dibantu sang suami, yang hanya buruh potong padi, di wilayah Klungkung.

Walaupun proses melahirkan berjalan lancar, ternyata ari-ari bayi tidak bisa keluar, sehingga Hamidah dibantu tetangganya, terpaksa dilarikan ke RSUD Klungkung. Setelah dicek, selain si ibu, bayi laki-lakinya juga bermasalah sehingga mendapat perawatan khusus selama beberapa hari.

Hamidah menuturkan, selama hamil ia tidak pernah memeriksa kesehatannya. Bahkan setiap hari ia mengikuti suami bekerja menjadi buruh potong padi di wilayah Klungkung. Selain tidak memiliki uang, mereka juga tidak memiliki asuransi kesehatan, sehingga terpaksa melahirkan di rumah dibantu suaminya.

Lantaran tidak memiliki jaminan kesehatan, Hamidah harus membayar biaya pengobatannya. Beruntung, banyak warga dan donatur bersimpati untuk membantu pengobatan dan perawatan sang bayi. Selain bayi ini, Hamidah juga memiliki dua anak lainnya yang saat ini tinggal bersama orang tuanya di Bima, Nusa Tenggara Barat

 

#bpjskesehatan #rsudklungkung #pemkabklungkung

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.