Kompas TV video vod

Dok, Saya Tidak Ada Niatan Vaksin Kedua. Apakah Ada Efek Samping Berkepanjangan?

Kompas.tv - 17 Januari 2022, 15:15 WIB
Penulis : Shinta Milenia

KOMPAS.TV - Anda kembali bersama segmen Sehat di Tengah Pandemi.

Seperti biasa setiap hari Senin kita akan membahas seputar vaksinasi Covid-19.

Anda dapat melayangkan pertanyaan melalui instagram @sapaindonesia_kompastv sehari sebelum tayang atau melalui telepon interaktif saat ini di nomor 021-5366-0500.

Dan hari ini kita bersama Ketua Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi atau Komnas KIPI, Profesor Hinky Hindra Irawan Satari.

Pertanyaan:

@Nindyaachry: “Dok saya mau bertanya. Saya mnerima vaksin dengan jenis yang berbeda, yang pertama pakai biofarma yang kedua pakai sinovac. Hal ini terjadi karena kartu vaksin saya hilang dirumah. Namun setelah divaksin pakai sinovac. Saya pulang ke rumah, ibu saya menemukan kartu vaksin saya, ternyata pakai biofarma, apakah aman Dok?”

Baca Juga: Konsumsi Bunga Telang Ampuh Turunkan Gula Darah, Ini 6 Manfaat Lainnya bagi Kesehatan

@Hennywidias: “Selamat pagi Dok, anak saya sekitar 6 bulan yang lalu yaitu tanggal 26 Juli 2021 habis operasi kelenjar getah bening. Apakah sudah boleh divaksin covid? Dikarenakan di sekolahnya diwajibkan vaksin. Terma kasih, sekiranya dokter bisa menjawab pertanyaan saya,”

@Mizwann95: Saya vaksin pertama tanggal 4 Desember dan dijadwalkan vaksin kedua tanggal 31 Desember. Karena satu dan lain hal saya tidak mengikuti vaksin kedua dan tidak berkeinginan untuk vaksin kedua. Sejauh ini selama melakukan vaksin pertama tidak ada efek sampingnya. Apakah berbahaya jika saya ridak vaksin kedua dok? Apakah ada efek samping berkepanjangan nantinya?”

Baca Juga: IDI Ingatkan Tenaga Kesehatan Siap-Siap Hadapi Lonjakan Covid-19 Varian Omicron



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x