Kompas TV nasional berita utama

Jokowi: Pendapatan Negara Naik 2.000 Persen Dalam 7 Tahun Seusai Stop Ekspor Bahan Mentah Nikel

Senin, 17 Januari 2022 | 15:03 WIB
jokowi-pendapatan-negara-naik-2-000-persen-dalam-7-tahun-seusai-stop-ekspor-bahan-mentah-nikel
Tangkapan layar - Presiden Jokowi saat membuka Perdagangan Bursa Efek Indonesia Tahun 2022, di Jakarta, Senin (3/1). (Sumber: Antara)

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

JAWA BARAT, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo mengungkapkan pendapatan negara meningkat 2.000 persen dalam tujuh tahun setelah menghentikan ekspor raw material atau bahan baku nikel.

Tujuh tahun lalu, Indonesia hanya mendapatkan Rp15 Triliun. Di akhir tahun 2021, pendapatan melompat menjadi Rp300 Triliun.

Pernyataan itu disampaikan Presiden Jokowi dalam pengarahan pada Dies Natalis ke-67 Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), Jawa Barat, Senin (17/1/2022).

“Begitu kita tidak bolehkan dan harus diproduksi di dalam negeri, saya cek akhir tahun kemaren ekspor kita untuk besi baja, artinya besi baja ini dari nikel menghasilkan 20,8 miliar US$, Rp300 triliun, dari Rp15 triliun melompat menjadi Rp300 triliun,” ungkap Jokowi.

“Dan membuka lapangan pekerjaan yang sangat banyak sekali, padahal kita tidak hanya memiliki nikel, kita memiliki tembaga, kita memiliki bauksit, kita memiliki timah kita memiliki emas, semuanya ada. Jangan itu dikirim dalam bentuk raw meterial lagi, dalam bentuk bahan mentah, stop,” ujarnya menegaskan.

Baca Juga: Jokowi: Pandemi Covid-19 Tidak Boleh Hentikan Transformasi Besar yang Sedang Indonesia Lakukan

Oleh karena itu, Presiden Jokowi pun menegaskan kendati situasi Indonesia tengah dilanda pandemi Covid-19, transformasi ekonomi harus terus berjalan.

“Sudah berapa ratus tahun kita bahan mentah kita, kita kirim keluar, utamanya ke Eropa sejak zaman VOC, yang selalu bahan mentah, yang selalu kirim selalu raw material (bahan mentah),” ucap Jokowi.

“Oleh sebab itu sejak 2020 saya sampaikan, enggak bisa kita teruskan, stop. Ekspor nikel kita stop bahan mentah nikel stop, harus diproduksi di negara kita sendiri, baik menjadi barang jadi maupun barang setengah jadi, tapi jangan bahan mentah bahan jangan raw material,” tambahnya.

Dalam keterangannya, Presiden Jokowi menuturkan tidak hanya akan menghentikan ekspor untuk bahan mentah nikel. Akhir tahun ini, Jokowi menegaskan tidak ada lagi ekspor raw material atau bahan mentah untuk bauksit.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x