Kompas TV nasional sosial

Ketua DPRD DKI Soroti Peruntukan Kampung Bayam untuk Pekerja JIS Bukan Warga Tergusur

Senin, 17 Januari 2022 | 13:18 WIB
ketua-dprd-dki-soroti-peruntukan-kampung-bayam-untuk-pekerja-jis-bukan-warga-tergusur
Progres pembangunan Jakarta International Stadium (JIS). (Sumber: Kompastv/Ant)

Penulis : Hasya Nindita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, mempertanyakan peruntukan pembangunan Kampung Susun Bayam di Jakarta Utara yang justru digunakan untuk pekerja pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) bukan untuk warga terdampak pembangunan JIS. 

"Kalau ujung-ujungnya Kampung Susun Bayam untuk para pekerja pendukung JIS buat apa dilakukan CAP," kata Prasetyo dalam keterangan tertulis, Senin (17/1/22). 

CAP yang dimaksud Pras, sapaan karibnya, ialah program Community Action Plan (CAP) yang ditunjukan untuk menampung aspirasi warga terkait konsep tempat tinggal seperti apa yang ingin dibangun menggantikan tempat tinggal lamanya. 

Baca Juga: Gubernur Anies Undang Nidji Check Sound di JIS Seusai Giring Terperosok Lumpur di Lokasi Formula E

Pras menjelaskan, awalnya, konsep Kampung Susun Bayam milik Gubernur Anies ditujukan kepada warga terdampak proyek pembangunan JIS, namun, realisasinya ditempati orang luar yang tidak pernah tinggal di wilayah itu.

Menurutnya, jika Kampung Bayam memang akan ditempati pekerja JIS maka ini bentuk kebohongan publik bagi warga yang tergusur akibat pembangunan JIS. 

"Itu namanya menipu. Membohongi publik. Bilang saja dari awal warga Kampung Bayam digusur. Ganti juga istilah Kampung Susun Bayam," kata Pras. 

Politisi PDI Perjuangan ini mendesak Anies untuk memberikan tempat tinggal yang layak bagi warga Kampung Bayam yang tergusur.

Pras menegaskan, warga tidak boleh dibiarkan hidup susah dengan rumah kumuh di pinggir rel.

“Seringkali program Pemprov sekarang cuma bagus di kata-kata. Tapi kenyataannya buruk,” ujarnya.

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:59
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19