Kompas TV regional peristiwa

KKB Tembak Satu Anggota Satgas Nemangkawi, Kapolres Ungkap Kondisi Korban

Kompas.tv - 17 Januari 2022, 12:37 WIB
kkb-tembak-satu-anggota-satgas-nemangkawi-kapolres-ungkap-kondisi-korban
Ilustrasi sejumlah anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua tampak membawa senjata. (Sumber: Istimewa via TribunPapua.)
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seorang anggota Satuan Tugas Nemangkawi, Bharatu Bachtiar menjadi korban penembakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Peristiwa penembakan itu dibenarkan Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Cahyo Sukarnito, Senin (17/1/2022).

"Memang benar ada seorang anggota Satgas Nemangkawi yang terluka di bagian punggung bahu sebelah kiri," AKBP, dikutip dari Antara.

Kapolres tidak menjelaskan informasi lebih lanjut terkait kronologi peristiwa penembakan tersebut.

Namun, ia menyatakan saat ini kondisi Bharatu Bachtiar dalam keadaan stabil.

Diketahui, gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di provinsi Papua masih didominasi teror kelompok KKB.

Sepanjang tahun 2021, tercatat ada 92 kali teror hingga menimbulkan korban tertembak meninggal meninggal dunia.

Baca juga: KKB Kembali Bakar Sekolah di Papua, TNI-Polri Ditembaki saat Evakuasi Warga

Korban teror KKB itu ada dari warga sipil hingga Kepala Badan Intelijen Daerah (BINDA) Papua Mayjen TNI (Anumerta) I Gusti Putu Danny Karya Nugraha.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri dalam refleksi tahun 2021 menyebutkan aksi gangguan terjadi di 5 wilayah, yakni Kabupaten Yahukimo, Pegunungan Bintang, Intan Jaya, Puncak dan Kabupaten Nduga.

Dari aksi puluhan teror yang dilakukan KBB telah memakan korban mulai dari personel TNI-Polri, juga dari kalangan masyarakat sipil hingga anggota KKB itu sendiri.

Data jumlah prajurit TNi yang meninggal dunia akibat teror gangguan KKB Papua sebanyak 11 orang, dan 19 orang lainnya luka mendapat perawatan medis di rumah sakit.

Baca juga: KKB Kembali Bakar Sekolah di Papua, TNI-Polri Ditembaki saat Evakuasi Warga

Sedangkan untuk korban dari anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri) sebanyak 4 orang dan 3 lainnya mengalami luka.

Sementara korban dari masyarakat sipil yang meninggal dunia karena ditembak gerombolan KKB Papua selama 2021 tercatat ada 19 orang dan 11 orang mengalami luka.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x