Kompas TV regional berita daerah

Kreatif, Onderdil Motor Bekas Disulap Jadi Replika Robot

Kompas.tv - 17 Januari 2022, 11:47 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BANTUL, KOMPAS.TV - Berawal dari coba-coba, Eri Sudarmono warga Kabupaten Bantul, Yogyakarta, membuat replika robot raksasa dari onderdil motor tua. Bak gayung bersambut, replika robot Eri disukai para pembeli dari Tiongkok, pesanan pun akhirnya mulai mengalir.

Untuk membuat satu replika robot setinggi tiga meter Eri mengaku menghabiskan lima unit motor tua. Besi dari onderdil motor tua dipotong-potong, kemudia disambung agar membentuk replika robot yang diinginkan, kemudian dipercantik dengan polesan cat warna-warni.

Eri mengaku tidak memiliki kendala dalam hal pengerjaan replika robot ini. Jika pun ada kendala, hanya persoalan sulitnya mendapatkan bahan baku yang seluruhnya berasal dari onderdil motor tua.

Satu unit replika robot ini dijual dengan harga bervariasi, antara Rp 25 juta hingga Rp 60 juta. Harga ini tergantung tingkat kerumitan pengerjaan replika robot. Setiap bulannya Eri bisa mengirim lima hingga enam unit replika robot ke berbagai negara.

"Saya berpikirnya dari motor-motor bekas atau yang sudah layak tidak dipakai. Saya coba ternyata pemesannya senang dan pesan lagi. Robot ini saya bikin dengan bahan lima unit motor, yang plastik tidak saya gunakan, yang saya pakai besi sama almuniumnya saja," tutur Eri.

Berkat kegigihannya Eri kini bisa mempekerjakan belasan karyawan bengkel. Mereka yang bekerja pada Eri ini sebagian besar adalah para pekerja korban PHK akibat pandemi Covid-19.

#replikarobot #bantul #yogyakarta

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x