Kompas TV regional berita daerah

Stok Vaksin Booster Terbatas, Gibran Pinjam Daerah Lain

Kompas.tv - 17 Januari 2022, 09:34 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - Pemerintah Kota Solo, Jawa Tengah, memulai vaksinasi booster untuk lansia pada Jumat (14/1/2022) pagi. Karena terbatasnya ketersediaan vaksin booster, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, mengajukan pinjam vaksin astra zeneca, moderna, dan pfizer sebagai booster, ke daerah lain di Jawa Tengah.

Saat melakukan tinjauan vaksinasi booster di RSUD Ibu Fatmawati Soekarno Jumat (14/1/2022) kemarin, Gibran menyatakan, pihaknya akan terus berupaya untuk mendapatkan tambahan vaksin booster. Dinas Kesehatan Kota Solo juga telah berkoordinasi dengan pemerintah pusat agar stok vaksin booster diberi tambahan.

"Saya minta juga Pak Dandim, Pak Kapolres untuk membantu juga program ini, tapi TNI-Polri yang tersedia masih sinovac. Tidak apa-apa, bertahap-bertahap. Inikan ada pinjaman juga dari kota lain," ujar Gibran.

"Kita saling koordinasi, nanti vaksin yang ada di kita, kita habiskan. Mudah-mudahan Sabtu, Jumat saya dapat vaksin lagi sehingga tetap bisa jalan. Karena saya tidak bisa meninggalkan vaksin anak. Vaksin anak tetap menjadi prioritas, booster juga menjadi prioritas, harus jalan berdampingan," kata Siti Wahyuningsih, Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo.

Lansia yang disuntik vaksin booster dipilih berdasarkan kondisi dan adanya penyakit penyerta, karena vaksin yang disuntik cukup terasa kipi-nya, maka londisi lansia harus benar-benar bagus. Para lansia yang mendapatkan booster pun merasa senang dan lebih aman. Sebab mereka termasuk kelompok rentan yang harus diberi booster agar antibodinya terjaga. Sejauh ini tidak ada kipi yang dirasakan.

"Menurut pemerintah kita kan yang lanjut usia dikasih vaksin booster ya merasa lebih tenang, lebih aman, lebih nyaman. Apa lagi ini dari segala biayanya kan dibebaskan dari pemerintah," tutur Sunyoto, warga lansia peserta vaksin.

Setidaknya ada 50 ribu orang lebih warga lansia yang akan mendapatkan booster vaksin Covid-19 di Kota Solo. Kemudian fase selanjutnya adalah 400 ribuan orang usia di atas 18 tahun yang juga akan divaksinasi booster Covid-19.

#vaksinbooster #gibran #solo

  



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x