Kompas TV video vod

Omicron Meningkat, Pemerintah Kembali Terapkan Asesmen PPKM Per Pekan

Kompas.tv - 17 Januari 2022, 00:35 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Pemerintah kembali menerapkan asesmen Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM mingguan dan menghapus asesmen PPKM dua pekan sekali menyusul melonjaknya kasus covid-19 varian omicron di Indonesia.

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam keterangan pers virtual evaluasi PPKM, pada minggu (17/01) sore memaparkan sejumlah strategi untuk menekan laju penyebaran terutama varian baru omicron.

Tercatat angka penyebaran kasus harian covid-19 kembali menyentuh seribu kasus pada 15 Januari 2022 lalu yakni 1.054 kasus dan penyebarannya didominasi oleh transmisi lokal.

Luhut menegaskan PPKM level masih menjadi pilihan kebijakan pemerintah dalam menangani kasus covid-19 di Indonesia.

Baca Juga: Waspada Omicron, Luhut Minta Perkantoran Kembali WFH

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, 90 persen transmisi lokal varian omicron terjadi di DKI Jakarta sehingga perang utama menghadapi omicron adalah di ibukota.

Menkes menambahkan, berkaca dari kasus varian omicron di negara-negara lain yang mencapai puncak dengan cepat yaitu antara 35 sampai 65 hari, maka perlu diwaspadai kenaikan kasus omicron di Indonesia diperkirakan terjadi pada pertengahan februari hingga awal maret 2022.  

Meski demikian jika kasus omicron meningkat, warga tidak perlu panik karena pemerintah sudah melakukan sejumlah langkah untuk menanganinya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x