Kompas TV internasional kompas dunia

Filipina Umumkan Pembelian 32 Helikopter Angkut Tempur Black Hawk dari AS

Minggu, 16 Januari 2022 | 16:45 WIB
filipina-umumkan-pembelian-32-helikopter-angkut-tempur-black-hawk-dari-as
Pemerintah Filipina mengumumkan pembelian 32 helikopter angkut-tempur, S-70i Black Hawk, untuk menambah armada yang ada saat ini sebanyak 12 unit, kata menteri pertahanan Filipina, Minggu (16/1/2022). Pembelian helikopter tersebut terkait upaya untuk meningkatkan kemampuan tanggap bencana negara tersebut. (Sumber: Straits TImes)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

MANILA, KOMPAS.TV -  Pemerintah Filipina mengumumkan pembelian 32 helikopter angkut-tempur, S-70i Black Hawk, dari anak perusahaan Sikorsky Aircraft yang berbasis di Polandia, PZL Mielec, untuk menambah armada yang ada saat ini sebanyak 12 unit.

Menteri Pertahanan Filipina Delfin Lorenzana, Minggu (16/1/2022), mengatakan pembelian tersebut terkait upaya untuk meningkatkan kemampuan tanggap bencana negaranya.

Seperti dilansir Straits Times, Lorenzana mengatakan, pemberitahuan resmi pembelian dikeluarkan pada 28 Desember lalu untuk pembelian helikopter baru yang dilengkapi dengan dukungan logistik dan paket pelatihan untuk pilot dan kru pemeliharaan senilai 32 miliar peso, setara hampir 9 triliun rupiah.

Kontrak sekarang sedang disusun, dengan pengiriman lima unit pertama diharapkan pada tahun 2023, kata Lorenzana di Facebook.

Sisanya akan dikirimkan dalam tiga batch yakni 10 unit pada 2024, 10 unit pada 2025, dan tujuh unit pada 2026, tambahnya.

Baca Juga: Filipina Umumkan Pembelian Peluru Kendali Jelajah BrahMos dari India, Laut China Selatan Makin Panas

 

The lack of transport planes and helicopters have never been more acute during the pandemic and in the aftermath of...

Posted by Secretary Delfin Lorenzana on Saturday, January 15, 2022

"Kurangnya pesawat angkut dan helikopter tidak pernah lebih parah selama pandemi dan setelah Topan (Rai)," kata Lorenzana.

"Ini diperburuk oleh Huey kami yang makin uzur sehingga menjadi tidak ekonomis untuk dipelihara."

Rai, topan ke-15 dan paling mematikan tahun lalu yang melanda Filipina, menewaskan lebih dari 400 orang dan menyebabkan kerusakan luas di wilayah tengah dan selatan negara itu pada Desember.

Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:27
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19