Kompas TV nasional agama

Di Balik Dukungan Gus Miftah ke Habib Luthfi yang Mundur dari PBNU dan Fokus Organisasi Tarekat

Kompas.tv - 16 Januari 2022, 10:48 WIB
di-balik-dukungan-gus-miftah-ke-habib-luthfi-yang-mundur-dari-pbnu-dan-fokus-organisasi-tarekat
Habib Luthfi adalah seorang mursyid tarekat, Habib Gus Miftah murid beliau. Alasan Ulama kharismatik mundur dari PBNU karena ingin fokus di organisasi tarekat JATMAN (Sumber: Tangkapan Layar Kompas TV)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Miftah Maulana Habiburrahman atau biasa disapa Gus Miftah mengaku bahwa ia mendukung penuh gurunya, Habib Luthfi, untuk berfokus ke organisasi tarekat JATMAN dengan mundur jadi Mustasyar PBNU.

Habib Luthfi adalah seorang ulama kharismatik asal Pekalongan yang membawahi ribuan santri dan jemaah tarekat tersebar di seluruh Indonesia dan di pelbagai belahan dunia.  

Gus Miftah adalah salah satu murid Habib Luthfi. Gus Miftah lantas menjelaskan, gurunya tersebut ingin lebih fokus ke organisasi tarekat Jam'iyyah Ahlth Thoriqoh al-Mu'tabaroh An-Nahdliyyah (JATMAN).

Adapun Habib Luthfi terpilih jadi Rais Aam dalam Muktamar ke-12 dan Halaqah Ulama Thariqah Internasional ke-2 JATMAN yang diselenggarakan Januari 2018 lalu di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

"Alasan beliau (mundur dari mustasyar PBNU) ingin fokus Rais Aam di Jam'iyyah Ahlth Thoriqoh al-Mu'tabaroh An-Nahdliyyah (JATMAN)” papar Gus Miftah kepada KOMPAS TV lewat pesan suara, Sabtu (15/1/2022).

JATMAN adalah organisasi keagamaan yang berfokus pada ajaran-ajaran tarekat (Thoriqoah), salah satu ajaran dalam Islam yang memfokuskan pada aspek batin, spiritual, dan hati seorang muslim.

Bagi Gus Miftah yang mendaku diri sebagai muhibbin (penderek/murid spiritual) dari Habib Luthfi, mendukung penuh keputusan Habib Luthfi.

“Dan saya sebagai penderek beliau, sebagai santri beliau, sebagai anak beliau mendukung apa pun langkah dari guru kami Maulana Habib Luthfi bin Ali bin Yahya Pekalongan," paparnya.

Baca Juga: Gus Miftah Ungkap Alasan Habib Luthfi Mundur dari PBNU

Habib Luthfi sebagai Mursyid Tarekat

Sayyid Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya atau biasa disapa Habib Luthfi merupakan seorang ulama, dai, dan kiai.

Selain itu, beliau dikenal sebagai seorang mursyid. Mursyid adalah istilah untuk seorang guru yang punya tingkatan tertentu dan jadi guru para penganut tarekat.

Habib Luthfi adalah mursyid asal Indonesia yang memiliki pengaruh cukup besar di dunia. Beliau menjadi rujukan tarekat dan sufi di Indonesia.

Secara sanad atau garis keturunan, Habib Lutfhi terhubung langsung ke Rasulullah. Itulah kenapa ada penamaan habib atau sayyid di depan nama beliau.

Secara keilmuwan, beliau dikenal seorang yang faqih atau orang yang memiliki tingkat pemahaman keagamaan yang tinggi.

Pergaulannya juga luas di kalangan ulama-ulama internasional dan jaringan tarekat di dunia.

Khususnya Naqsabandiyah, salah satu cabang tarekat yang paling banyak pengikutnya di Indonesia.

Untuk itulah, beliau pun dikenal luas seorang mursyid. Seorang yang bukan sekadar ahli agama, memiliki banyak murid, melainkan juga guru spiritual bagi banyak orang yang sedang menjalani laku spiritual. 

Baca Juga: Jokowi Bertemu Habib Luthfi dan Mbah Moen

 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.