Kompas TV video sinau

Mahasiswa Harus Tahu, Ini Tips Lulus Kuliah Tepat Waktu

Kompas.tv - 16 Januari 2022, 08:02 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Umumnya jenjang perguruan tinggi di sebuah  Universitas adalah Diploma III (D3), Sarjana/Strata I (S1), Magister/Strata II (S2), dan Doktor/Strata III (S3).

Selain menjalani kuliah dengan baik, seorang mahasiswa juga harus lulus tepat waktu , umumnya untuk jenjang S1 selesai dalam 4 tahun, bahkan ada yang 3 tahun menyelesaikan jenjang S1.

Sayangnya tidak semua mahasiswa memiliki jalan yang mulus dalam menyelesaikan perkuliahannya, ada yang kesulitan mengatur waktu, masalah finansial, nilai turun, konflik batin dengan dosen, hingga yang sulit mengatur emosi.

Baiknya memang kuliah harus lulus tepat waktu, melansir KOMPAS.com berikut tips lulus kuliah tepat waktu :

1.Fokus pada Kewajiban

Kegiatan organisasi bukan sesuatu yang salah, baiknya diimbangi dengan melaksanakan kewajiban

2.Perhatikan Jumlah SKS

Untuk S1 biasanya 8 semester dan mendapatkan 144-150 Satuan Kredit Semester (SKS). Jika semester sebelumnya mendapatkan Indeks Prestasi (IP) 3.00 ke atas. Selanjutnya, kamu bisa mengambil 24 sks dan berpeluang lulus lebih cepat.

3.Pintar Mengatur Waktu

Baiknya buat jadwal belajar, berorganisasi, maupun bekerja. Kemudian yang paling penting adalah disiplin dan konsisten dengan jadwal yang telah dibuat.

4.Segera Tentukan Topik Skripsi Jelang Semester Akhir

Biasanya skripsi dimulai pada semester 7, untuk topiknya bisa dimulai saat semester 5 pastikan topiknya sesuai dengan minatmu. Supaya dapat menjalaninya dengan tanpa beban .

5.Atur Jadwal Bimbingan Dengan Dosen

Selalu ingatkan dosen sebelum hari pertemuan , jika ada hambatan baiknya konsultasi dengan kepala program studi atau bahkan dekanat disertai bukti yang jelas, Universitas menjalankan sistem pendidikannya secara akademis dan praktis sekaligus.

Baca Juga: Berawal dari Tugas Kuliah, Bisnis Buket Giftme Pontianak Mampu Raup Jutaan Rupiah

https://www.kompas.tv/article/240654/berawal-dari-tugas-kuliah-bisnis-buket-giftme-pontianak-mampu-raup-jutaan-rupiah 

Grafis: Joshua Victor



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x