Kompas TV internasional kompas dunia

Amerika Serikat dan Rusia Saling Bersikeras, Gerbang Konfrontasi Langsung Kini Terbuka Lebar

Minggu, 16 Januari 2022 | 03:05 WIB
amerika-serikat-dan-rusia-saling-bersikeras-gerbang-konfrontasi-langsung-kini-terbuka-lebar
Vladimir Putin dan Joe Biden berjabat tangan di Villa la Grange di Jenewa, Swiss di Jenewa, Swiss, 16 Juni 2021. Rusia, Amerika Serikat, dan sekutu NATO-nya bertemu minggu ini untuk negosiasi yang berfokus pada permintaan Moskow untuk keamanan Barat jaminan dan kekhawatiran Barat tentang penumpukan pasukan Rusia baru-baru ini di dekat Ukraina. (Sumber: AP Photo/Alexander Zemlianichenko, Pool, File)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Kegagalan pertemuan diplomatik berisiko tinggi pekan lalu untuk menyelesaikan ketegangan yang meningkat di Ukraina telah menempatkan Rusia, Amerika Serikat, dan sekutu Eropanya di wilayah pasca-Perang Dingin yang belum terpetakan.

Seperti dilaporkan Associated Press, Minggu (16/1/2022), situasi itu membawa tantangan signifikan bagi para pemain utama agar dapat menghindari konflik dan konfrontasi langsung yang berpotensi bencana.

Tidak seperti perselisihan sebelumnya yang muncul sejak runtuhnya Uni Soviet, krisis Ukraina saat ini dan perbedaan yang tampaknya tidak dapat diatasi antara Washington dan Moskow, membawa risiko nyata dari perang ekonomi dan konflik militer, yang diperburuk oleh bahaya salah perhitungan dan reaksi berlebihan.

Bagi Amerika Serikat dan NATO serta sekutu Eropa lainnya, menarik mundur 100.000 tentara Rusia dari perbatasan Ukraina adalah satu-satunya pertanda bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin punya niat untuk bernegosiasi dengan iktikad baik.

Bagi Rusia, penolakan mutlak Barat untuk mempertimbangkan larangan ekspansi NATO ke bekas wilayah Uni Soviet dan penarikan pasukan NATO dari Eropa Timur adalah bukti ketidakjujuran pihak Barat.

Konsesi potensial diperumit oleh fakta bahwa baik Putin maupun Presiden Joe Biden tidak ingin terlihat terdesak mundur di depan publik domestik atau asing.

Penolakan sejauh ini oleh masing-masing pihak untuk turun dari apa yang dianggap pihak lain sebagai tuntutan yang tidak realistis, membuat prospek diplomasi menjadi buram. Amerika Serikat dan sekutunya menuduh Rusia memicu ketegangan tanpa alasan yang sah dan Rusia memandang bahwa Amerika Serikat adalah agresor.

Beberapa percaya situasinya akan menjadi lebih mengerikan sebelum kebuntuan dapat dipecahkan.

“Kesenjangan persepsi begitu luas sehingga eskalasi baru dan berbahaya mungkin diperlukan untuk membuat para pihak membuka cakrawala mereka dan mencari kesepakatan,” begitu pengamatan Fyodor Lukyanov, kepala Dewan Kebijakan Luar Negeri dan Pertahanan yang berbasis di Moskow.

Baca Juga: CIA Diam-Diam Latih Tentara Ukraina, Bakal Digunakan Jika Perang Lawan Rusia

Anggota Parlemen Israel, Yair Golan menyebut para pemukim Yahudi ilegal di Tepi Barat tak manusiawi dan tercela. (Sumber: AP Photo/Carolyn Kaster, Pool)
Halaman Selanjutnya

Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:28
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19