Kompas TV regional berita daerah

Kenalkan Anak Aktivias Pedesaan di Wisata Edukasi Batang

Kompas.tv - 16 Januari 2022, 07:00 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Siswa Taman Kanak-Kanak ini antusias mengikuti pembelajaran luar kelas, yaitu ke Destinasi Wisata Edukasi Deswita Pandansari di Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang. Mereka menyusuri sungai dan sawah, untuk mengenal alam di pedesaan.

Mereka juga diajari cara bercocok tanam padi, juga bermain di kolam ikan. Untuk mengasah keberanian dan motivasi siswa, Taman Kanak-Kanak ini diajak bermain flying fox, dan panjat dinding.

Inilah sebagian kegiatan wisata edukasi yang sejak adanya pandemi nyaris berhenti 100 persen. Karena tidak ada pembelajaran tatap muka dan semua melalui daring. Penurunan level PPKM ke tingkat satu dan dua menjadi angin segar bagi pengelola desa wisata edukasi tersebut.

Saat ini wisata wana dari sekolah dan instansi lain mulai datang. Setidaknya perhari ada 200-500 pengunjung.

Pada wisata ini pengelola tetap menerapkan protokol kesehatan. Wisata edukasi sebagai bagian dari pembelajaran siswa di sekolah diharapkan mampu memberikan pengetahuan dan pengalaman baru bagi siswa di luar sekolah.

Seiring melandainya kasus Covid-19 di Jawa Tengah, tempat wisata mulai optimis untuk bangkit dari keterpurukan yang dialami saat ini.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x