Kompas TV video vod

Pemerintah Buka Pintu Kedatangan Internasional Bagi Semua Negara, Demi Ekonomi?

Kompas.tv - 15 Januari 2022, 22:05 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Naiknya kasus covid-19 varian omicron di Jakarta menjadi 725 kasus hari ini (15/01) menjadi sorotan terlebih tambahan kasus mayoritas berasal dari pelaku perjalanan luar negeri.

Pemerintah memutuskan membuka pintu perjalanan internasional bagi semua negara. Artinya larangan masuk dari 14 negara resmi dicabut.

Perintah ini dibuat pemerintah pusat di tengah terus naiknya angka kasus covid-19 varian omicron, terutama di ibu kota DKI Jakarta.

Baca Juga: IDI Ingatkan Tenaga Kesehatan Siap-Siap Hadapi Lonjakan Covid-19 Varian Omicron

Berdasarkan data dari Dinas Provonsi DKI Jakarta hingga 15 Januari 2022 ada 725 kasus positif omicron di ibu kota.

Dimana 75 persen dari jumlah tersebut atau 545 orang merupakan pelaku perjalanan luar negeri. Sementara 180 kasus lainnya merupakan transmisi lokal.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito dalam keterangan tertulisnya mengatakan, penghapusan larangan masuk warga dari 14 negara ke Indonesia ini dilakukan demi pemulihan perekonomian.

Epidemiolog dari Griffith University Australia, Dicky Budiman menyarankan pemerintah untuk menjadikan vaksinasi booster sebagai salah satu syarat masuk ke Indonesia bagi pelaku perjalanan luar negeri di tengah meluasnya penyebaran omicron di dalam negeri.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x