Kompas TV regional berita daerah

Setiap Rapat Senin di Bantul Wajib Hidangkan Menu Ikan, Ini Alasannya

Kompas.tv - 15 Januari 2022, 20:43 WIB
setiap-rapat-senin-di-bantul-wajib-hidangkan-menu-ikan-ini-alasannya
Ilustrasi sajian menu ikan (Sumber: Kompas.com/Gabriella Wijaya)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Fadhilah

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Ada peraturan unik di Bantul setiap hari Senin. Seluruh rapat di Kabupaten Bantul pada hari itu wajib menghadirkan menu ikan dan olahannya.

Bukan tanpa alasan kebijakan ini diterapkan di kabupaten yang terletak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) itu.

Kewajiban menghidangkan menu ikan dan olahannya pada rapat setiap Senin merupakan salah satu implementasi pelaksanaan Surat Edaran Nomor: 523/05106/ADPEREKO tentang Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN).

Menurut Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo, selama pandemi Covid-19 muncul kendala penyerapan panen ikan karena pembatasan kegiatan masyarakat sehingga berdampak menurunnya konsumsi ikan laut dan tawar.

Oleh karena itu, ia mengapresiasi GEMARIKAN yang gencar dilakukan.

Baca Juga: Harga Ikan Naik, Omzet Pedagang di Pasar Tradisional Pangkalpinang Turun Drastis

“Kami berharap semua pihak bisa menerapkan gerakan makan ikan sehingga kebutuhan kalori masyarakat Bantul bisa tercapai dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia,” ujarnya, Sabtu (15/1/2022).

Selain sebagai upaya memulihkan perekonomian pembudidaya ikan dan nelayan di Kabupaten Bantul, gerakan makan ikan ini juga dapat menekan angka gizi buruk dan stunting di Bantul.

Kewajiban menghidangkan menu ikan ini tidak hanya ditujukan kepada birokrat di Bantul, melainkan juga seluruh organisasi, perusahaan, pimpinan hotel, penginapan, catering, dan seluruh masyarakat Bantul.

Baca Juga: Buaya Raksasa Muncul di Lapangan Golf sambil Memakan Ikan, Pengunjung: Wow!

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x