Kompas TV video vod

Hati-Hati Penipuan Investasi Bodong, Perdagangan Kripto Tidak Memberikan Keuntungan Fix!

Kompas.tv - 15 Januari 2022, 15:51 WIB
Penulis : Shinta Milenia

KOMPAS.TV - Sedikitnya ada 20 laporan investasi bodong yang kini ditangani oleh Bareskrim Polri, 6 di antaranya sudah P-21 atau hasil penyidikannya siap dilimpahkan ke Kejaksaan.

Dengan total kerugian para nasabahnya antara Rp 100 miliar hingga triliunan rupiah.

Rata-rata, para korban tergiur oleh iming-iming keuntungan menggiurkan antara 20-30%, sedangkan pelakunya menjalankan investasi bodong ini lewat sistem Piramida Money Game atau Skema Ponzi.

Ketua Satgas Waspada Investasi, Tongam Tobing mengatakan perlunya mengedukasi masyarakat secara masif, bahwa aset kripto ini adalah perdagangan biasa, sehingga jika seseorang membeli dan menjual itu artinya tidak ada keuntungan fix sebenarnya.

“Kami pastikan bahwa apabila suatu identitas yang menawarkan jual Kripto dengan memberikan keuntungan fix atau melakukan kegiatan member get member, memberikan bonus kepada member yang kita rekrut, ini kami duga adalah penipuan, karena apa? karena darimana mungkin dia mendapatkan uang untuk membayar kita secara fix,” ujarnya.

Baca Juga: Waspadai Penipuan Investasi Bodong Bermodus Kripto, Periksa Prinsip 2-L! Berikut Penjelasannya

Masyarakat harus berhati-hati, pahami bahwa perdagangan Kripto tidak ada yang memberikan keuntungan fix, kalaupun ada penawaran keuntungan fix, 1% perhari, 14% perminggu, itu adalah kegiatan ilegal.

Menurut Pengamat Media Sosial, Enda Nasution menyusul banyaknya korban investasi bodong berkedok mata uang Kripto, harus terus dilakukan pendataan atau list investasi bodong yang diterbitkan dan penutupan-penutupan investasi bodong.

Disisi lain sudah berjalan peningkatan-peningkatan literasi digital, dan gerakan webinar.

Namun ini bukan hanya tugas pemerintah untuk mengantisipani investasi bodong, ini merupakan tugas bersama, termasuk media , akademisi, influencer agar tidak lelah mengingatkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan berpikir independen untuk pengguna internet menjadi salah satu skill yang paling penting untuk saat ini.

Baca Juga: Bentuk Lain Kripto yang Digadang-gadang Lebih Berharga, Minat terhadap Aset NFT Semakin Meroket!



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x