Kompas TV olahraga kompas sport

Saga Visa Novak Djokovic Berlarut-larut, Rafael Nadal Angkat Bicara

Sabtu, 15 Januari 2022 | 13:11 WIB
saga-visa-novak-djokovic-berlarut-larut-rafael-nadal-angkat-bicara
Rafael Nadal saat menghadiri konferensi pers di Melbourne, Australia, Sabtu (15/1/2022). (Sumber: Simon Baker/Associated Press)

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

MELBOURNE, KOMPAS.TV - Saga Novak Djokovic berlanjut usai pemerintah Australia mengumumkan akan kembali mencabut visa sang petenis. Atlet asal Serbia ini pun terancam tak bisa mempertahankan gelar di Australia Terbuka 2022.

Sebelumnya, Djokovic memenangi sengketa visa yang membuatnya boleh masuk Australia. Namun, pemerintah meminta kekuatan eksekutif luar biasa untuk mencabut visanya kembali dengan alasan kepentingan publik.

Kalangan petenis pun menanggapi kasus Djokovic yang berlarut-larut ini. Mantan petenis nomor satu Asosiasi Petenis Profesional (ATP), Rafael Nadal, mengaku sudah “lelah” dengan saga Djokovic yang berlarut-larut.

Walaupun Djokovic adalah petenis nomor satu dunia, Nadal menegaskan tidak ada individu atlet yang lebih besar daripada turnamen seperti Australia Terbuka.

Baca Juga: Tsitsipas: Djokovic Membuat Petenis Lain Terlihat Seperti Orang Bodoh

“Sejujurnya, saya agak lelah dengan situasi ini. Sangat jelas bahwa Novak Djokovic adalah salah satu pemain terbaik sepanjang sejarah. Namun, bukankah tidak ada pemain yang lebih penting dari suatu gelaran,” kata Nadal dalam konferensi pers di Melbourne, Sabtu (15/1/2022).

Menurutnya, beberapa pekan belakangan, kasus Novak Djokovic terlalu menyita perhatian sehingga tenis justru tidak cukup dibicarakan jelang turnamen.

“Australia Terbuka jauh lebih penting dibanding pemain mana pun. Jika dia (Djokovic) akhirnya bermain, baiklah. Jika dia tidak bermain, maka Australia Terbuka akan menjadi Australia Terbuka yang hebat, dengan atau tanpa dia,” imbuh juara tunggal putra Australia Terbuka 2009 ini.

Tidak seperti Djokovic, Nadal bersedia divaksin. Ia termasuk dalam 97 petenis di antara 100 pemain teratas di ranking tunggal putra ATP yang bersedia divaksin.

Sementara itu, Garbine Muguruza, tunggal putri unggulan nomor tiga di Australia Terbuka 2022, menyebut saga Djokovic sebenarnya bisa dihindari jika sang pemain mau divaksin.

Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:09
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19