Kompas TV regional berita daerah

Letusan Sekunder Gunung Semeru Picu Hujan Abu

Kompas.tv - 15 Januari 2022, 10:09 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Gunung semeru di Lumajan Jawa Timur kembali mengalami letusan sekunder, pada Kamis (13/1/2022). Letusan itu menyebabkan hujan abu di sejumlah titik. Di saat bersamaan terjadi banjir lahar hujan yang memutus jembatan penghubungan antar dusun.

Video milik Plt Camat Candipuro, Abdul Aziz, merekam detik-detik terjadinya letusan sekunder gunung semeru di Kabupaten Lumajang Jawa Timur, pada Kamis (13/1/2022). 

Baca Juga: Relawan dengan Kostum Superhero Hibur Anak Pengungsi Semeru

Letusan itu ditandai dengan munculnya kepulan asap putih di bagian dinding tebing yang longsor. Letusan itu menyebabkan hujan abu, yang mengguyur sejumlah daerah di Kecamatan Candipuro.

Di saat bersamaan, terjadi banjir lahar hujan gunung semeru hingga membuat jembatan penghubung Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh dengan Dusun Curah Kobokan, Desa Supit Urang, terputus. Akibatnya tidak ada akses jalan lagi yang bisa dilalui untuk memantau aliran lahar semeru.

Di bagian hilir sungai, nampak sejumlah sopir truk pasir langsung meninggalkan bantaran sungai, karena takut banjir lahar hujan semakin membesar.

 

#GunungSemeru #LetusanSekunder #SemeruMeletus #HujanAbu #BanjirLaharHujan #Jembatan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.