Kompas TV nasional peristiwa

Menkominfo Sebut Indonesia Berpeluang Kembangkan Metaverse Dunia karena Punya Kearifan Lokal

Kompas.tv - 14 Januari 2022, 22:01 WIB
menkominfo-sebut-indonesia-berpeluang-kembangkan-metaverse-dunia-karena-punya-kearifan-lokal
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate (Sumber: HUMAS BNPB/M Arfari Dwiatmodjo)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan, Indonesia berpeluang besar dalam pengembangan metaverse dunia karena memiliki keunggulan nilai-nilai luhur bangsa dan kearifan lokal.

Salah satu peluang untuk menampilkan peran Indonesia di mata dunia tersebut bisa dilakukan dalam ajang Presidensi G20 Indonesia 2022.

Baca Juga: Menkominfo Tegaskan Ketentuan Vaksinasi Booster Covid-19

Karena itu pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika, kata dia, mendorong kolaborasi multipihak dalam merintis dan mewujudkan metaverse versi Indonesia agar memberikan manfaat bagi masyarakat era digital.

“Metaverse Indonesia telah mulai terbentuk dari sektor yang ekosistem user-nya paling adaptif untuk mengadopsi inovasi digital. Hal ini pun akan terus berevolusi dan dimanfaatkan oleh masyarakat luas,” kata Johnny G Plate melalui keterangan resminya di Jakarta, Jumat (14/01/2022).

Johnny menuturkan, untuk melakukan pengembangan metaverse di Indonesia, perlu sumber daya, konektivitas, dan semua elemen informatika di Indonesia.

“Tentunya perkembangan ini menggunakan sumber daya, konektivitas, dan semua elemen informatika di Indonesia, serta melibatkan berbagai perusahaan yang telah berfokus untuk mengembangkannya.” 

Baca Juga: Rancangan IKN Baru Bakal Diimplementasikan dalam Dunia Metaverse

Sementara itu, pengamat teknologi dan inovasi Indrawan Nugroho mengatakan, metaverse Indonesia perlu didesain sejak awal berbasis kearifan lokal dan nilai-nilai luhur bangsa. 

“Kita tidak ingin menduplikasi metaverse versi negara lain, metaverse kita harus bisa jadi daya ungkit eksponensial untuk beragam potensi besar yang ada di negeri tercinta ini,” ujar Indrawan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi berbicara tentang dunia metaverse dalam pidatonya di Muktamar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ke-34 pada Desember 2021 lalu. 

Menurutnya, pada masa depan dakwah maupun pengajian bisa dilakukan secara virtual dengan metaverse.

Presiden pun meminta seluruh warga NU bisa mengantisipasi kemajuan teknologi ini.

Baca Juga: Bos Twitter Jack Dorsey Mengejek Ide Mark Zuckerberg Bikin Facebook Jadi Metaverse



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.