Kompas TV video sinau

Benarkah Air Hujan Bikin Tanaman Lebih Subur? Begini Penjelasannya Menurut Sains

Minggu, 16 Januari 2022 | 19:20 WIB

Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV – Musim hujan membuat lingkungan menjadi lembap, basah, dan suhu menjadi lebih dingin. Air hujan yang turun pun tak jarang digunakan sebagai alternatif untuk menyiram tanaman.

Namun, pernahkah Anda memperhatikan, kenapa tanaman yang tumbuh di luar rumah dan sering terkena guyuran hujan malah cenderung lebih subur?

Melansir The Conversation, air hujan memiliki kandungan yang penting untuk pertumbuhan tanaman, salah satunya nitrogen yang dibutuhkan tanaman untuk menghasilkan klorofil.

Namun, meski 78 persen udara mengandung unsur nitrogen, tanaman tidak bisa langsung menyerap nitrogen dari udara.

Dalam air hujan terkandung 99 persen massa H2O, serta unsur-unsur terlarut seperti nitrogen dalam bentuk nitrat. Hal ini menunjukkan bahwa air hujan punya peran penting dalam mentransfer nitrogen dari langit ke tanah.

Melalui air hujan, tanaman bisa menyerap kandungan nitrat yang diperlukan untuk proses metabolisme.

Baca Juga: Hobi Menanam di Wadah Berisi Air? Ini 4 Tips Sederhana agar Tanaman Tumbuh Subur

Jika dibandingkan dengan air hujan, kandungan bahan kimia tambahan seperti klorin, garam, dan fluorida biasanya ditemukan dalam air keran, yang mungkin berbahaya bagi tanaman.

Meski air hujan punya banyak manfaat, namun tanaman yang terus-menerus diguyur air hujan juga bisa berdampak buruk.

Kondisi lembap saat hujan dapat menyebabkan munculnya jamur pada tanaman. Tanaman yang terkena jamur bisa layu, hingga akhirnya mati. Jenis jamur tertentu juga bisa membuat akar tanaman jadi membusuk.

Selain itu, hujan juga membuat gulma dan ilalang tumbuh dengan cepat. Selain merusak keindahan, gulma serta ilalang juga bisa menyerap nutrisi dari tanaman.

Untuk mengurangi intensitas air hujan yang terlalu banyak, pindahkan tanaman yang berada di pot ke tempat yang tidak terguyur air hujan secara langsung. Selama debit air yang diterima masih wajar, tanaman tidak akan layu meski diguyur hujan.

(*)

Video Editor & Grafis: Agus Eko

Sumber : diolah dari berbagai sumber


BERITA LAINNYA


VOD

Projo: Pilihan Jokowi Pilihan Rakyat

Senin, 23 Mei 2022 | 15:20 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
15:38
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19