Kompas TV regional berita daerah

Seru! Belajar Membuat Bonsai di Sekolah

Kompas.tv - 14 Januari 2022, 14:12 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Pembelajaran tatap muka setiap hari atau full day yang sudah dilakukan di SMP Negeri 31 Kota Semarang tidak hanya formal, namun siswa-siswi juga mendapatkan pelajaran di luar ruangan yakni belajar sambil menikmati suasana alam di sekitar lingkungan sekolah. Mereka pun sangat bersemangat membuat tanaman bonsai. Dipilih belajar menanam bonsai karena memiliki nilai ekonomi tinggi dan mengajari siswa cinta lingkungan. Siswa pun mengaku senang bisa belajar di ruang terbuka sambil mengenal temannya lebih dekat lagi.

"Seneng banget, seru, terus bisa kenal teman banyak ketemu lagi, jadi seru banget. Pelajarannya itu lebih masuk ke pikiran, bisa diambil bareng teman-teman semua," kata Agnes Lareta, Siswa SMP Negeri 31 Kota Semarang.

Sebelum pandemi, pihak sekolah kerap menggelar pembelajaran di luar ruangan. Dan pembelajaran mengenal tanaman bonsai kali ini sebagai wujud mengembalikan kerinduan siswa untuk belajar di alam terbuka.

"Ada beberapa guru yang melaksanakan kegiatan pembelajaran di luar kelas. Sebenarnya pembelajaran di luar kelas ini sudah dilakukan sebelum pandemi. Dan ini menjadi jawaban kerinduan anak-anak kaitannya dengan pembelajaran di luar ruangan," ujar Agung Nugroho, Kepala SMP Negeri 31 Kota Semarang.

Tanaman bonsai adalah tanaman yang dikerdilkan dengan harga jual yang sangat tinggi. Seni dan ketrampilan membuat tanaman bonsai berasal dari Jepang dan telah berkembang di Indonesia. Sehingga dengan belajar menanam tanaman bonsai, siswa tidak hanya dibekali ketrampilan berwirausaha dan seni, namun juga melatih ketelatenan dan kesabaran kepada siswa.

#bonsai #smpn31kotasemarang #pembelajarandiluarkelas

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.