Kompas TV bisnis perbankan

UOB Group Akuisisi Bisnis Konsumer Citi Group di 4 Negara, Nilainya Capai Rp53 T

Kompas.tv - 14 Januari 2022, 13:53 WIB
uob-group-akuisisi-bisnis-konsumer-citi-group-di-4-negara-nilainya-capai-rp53-t
UOB Group mengakuisisi bisnis konsumer Citigroup Group di 4 negara. Yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam (14/1/2022). (Sumber: Financial Times)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- United Overseas Bank Limited (UOB) Group mengakuisisi bisnis konsumer Citigroup di empat negara yakni Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Akusisi tersebut bernilai 5 miliar dollar Singapura atau setara dengan Rp53,21 triliun.

Deputy Chairman Chief Executive Officer (CEO) UOB Wee Ee Cheong mengatakan, bisnis konsumer tersebut mencakup portofolio bisnis pinjaman tanpa agunan dan pinjaman beragunan, wealth management, dan tabungan segmen ritel.

"Ini merupakan kesempatan luar biasa dan datang di saat yang tepat. UOB percaya potensi jangka panjang kawasan Asia Tenggara dan kami telah menerapkan kedisiplinan, kehati-hatian, dan keteguhan dalam memanfaatkan kesempatan untuk bertumbuh," kata Cheong seperti dikutip dari Antara, Jumat (14/1/2022).

Cheong menyampaikan, bisnis konsumer Citigroup memiliki nilai aset bersih agregat sekitar 4 miliar dolar AS dan basis nasabah sekitar 2,4 juta per 30 Juni 2021.

Serta menghasilkan pendapatan sekitar 500 juta dollar AS pada semester I tahun 2021.

Baca Juga: Treasury Resmi Kantongi Izin Emas Digital Pertama dari Bappebti

Menurut Cheong, penyelesaian akuisisi di masing-masing negara akan menunggu persetujuan dari regulator negara terkait.

Sementara di Singapura, dengan perkiraan penyelesaian antara pertengahan 2022 dan awal 2024, tergantung perkembangan dan hasil dari proses persetujuan regulator.

Cheong optimistis, nasabah UOB group akan meningkat hampir dua kali lipat dari 2,9 juta menjadi 5,3 juta setelah akuisisi bisnis konsumer Citigroup.

"Dengan demikian, kami akan menjadi salah satu bank regional terbesar di kawasan dengan bisnis dan nasabah yang semakin luas," ujar Cheong.

Ia merinci, peningkatan nasabah ritel UOB Group usai akuisisi akan terjadi di Thailand dari 1,3 juta menjadi 2,4 juta nasabah; Malaysia dari 880 ribu menjadi 1,5 juta nasabah; Vietnam dari 50 ribu menjadi 200 ribu nasabah; dan Indonesia dari 550 ribu menjadi 1,2 juta nasabah.

Baca Juga: Waskita Jual Saham di Tol Cimanggis-Cibitung Rp1,7 T Buat Bayar Utang

Dengan kemungkinan tambahan nasabah tersebut, posisi UOB Group di keempat negara juga akan meningkat dari 10 besar bank ritel terbaik menjadi enam besar di Thailand, dari 10 besar menjadi lima besar di Malaysia, dan dari 20 besar menjadi 10 besar bank ritel terbaik di Indonesia.

Cheong menegaskan nasabah UOB Group akan mendapatkan penawaran dan manfaat yang lebih baik lagi, dengan lebih banyak touch point dan ekosistem kemitraan yang lebih luas usai adanya akuisisi.

"Kami juga akan mengukuhkan kapabilitas kami dengan membawa karyawan Citigroup dari berbagai level dengan keahlian dan pengalaman yang relevan," ucap dia.



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x