Kompas TV internasional kompas dunia

Ramai-Ramai Dukung Emma Watson yang Diserang gegara Unggah Foto Demo Solidaritas untuk Palestina

Kompas.tv - 14 Januari 2022, 13:32 WIB
ramai-ramai-dukung-emma-watson-yang-diserang-gegara-unggah-foto-demo-solidaritas-untuk-palestina
Lebih dari 40 tokoh perfilman internasional mendukung aktris Harry Potter, Emma Watson, yang diserang para pejabat Israel karena mengunggah foto demo solidaritas untuk Palestina. (Sumber: AP Photo/Scott Garfitt)
Penulis : Edy A. Putra | Editor : Vyara Lestari

LONDON, KOMPAS.TV - Lebih dari 40 tokoh perfilman internasional mendukung aktris Harry Potter, Emma Watson, yang diserang para pejabat Israel karena mengunggah foto demo solidaritas untuk Palestina.

“Kami bersama Emma Watson mendukung pernyataan sederhana bahwa ‘solidaritas adalah kata kerja’, termasuk solidaritas bermakna terhadap warga Palestina yang sedang memperjuangkan hak-hak asasi manusia mereka di bawah hukum internasional,” bunyi pernyataan bersama yang beredar pada Kamis (13/1/2022), seperti dilansir Al Jazeera.

Pernyataan bersama itu ditandatangani oleh aktor dan aktris antara lain Mark Ruffalo, Susan Sarandon, Gael Garcia Bernal, dan Viggo Mortensen.

“Kami menyadari ketidakseimbangan kekuatan yang ada antara Israel, kekuatan pendudukan, dan warga Palestina, orang-orang yang berada di bawah sistem pendudukan militer dan apartheid.”

Pekan lalu, akun Instagram Emma Watson mengunggah sebuah foto demonstrasi pro Palestina dengan tulisan “Solidarity is a verb” atau “Solidaritas adalah kata kerja.”

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Emma Watson (@emmawatson)

Unggahan aktris pemeran penyihir Hermione Granger dalam film Harry Potter itu dengan cepat mendapat kecaman dari para pejabat Israel.

Baca Juga: Emma Watson Beri Dukungan untuk Palestina, Diplomat Israel Langsung Mencibir

“Sepuluh poin ditarik dari Gryffindor karena menjadi antisemite,” ujar Danny Danon, mantan duta besar Israel untuk PBB, di akun Twitter-nya, menggunakan referensi film Harry Potter.

“Fiksi mungkin berhasil dalam Harry Potter tapi tidak di kehidupan nyata,” cuit Gilad Erdan, duta besar Israel untuk PBB, di akun Twitternya.

“Kalau berhasil, sihir yang digunakan di dunia sihir dapat menghilangkan kejahatan-kejahatan Hamas (yang menindas perempuan dan ingin memusnahkan Israel) dan PA (yang mendukung teror). Aku akan mendukung itu!” imbuhnya.

Dalam pernyataan bersamanya, para tokoh perfilman internasional juga mengecam antisemitisme, Islamofobia, dan segala bentuk fanatisme.

Turut menandatangani pernyataan tersebut antara lain penulis skenario peraih penghargaan James Schamus (Crouching Tiger, Hidden Dragon), sutradara Asif Kapadia (Amy), Mira Nair (Salaam Bombay), serta penulis/produser Oren Moverman (The Messenger).

“Kami menentang upaya-upaya Israel yang terus berlangsung untuk memindahkan secara paksa keluarga-keluarga Palestina dari rumah-rumah mereka di lingkungan-lingkungan Yerusalem Timur seperti Sheikh Jarrah, Silwan, dan di mana pun di wilayah Palestina yang berada di bawah pendudukan.”

Baca Juga: B’Tselem: Israel Gunakan Pemukim untuk Rampas Lebih Banyak Tanah Warga Palestina

 



Sumber : Al Jazeera

BERITA LAINNYA



Close Ads x