Kompas TV regional berita daerah

Inovasi Petani Olah Limbah Buah Menjadi Pupuk Organik Cair

Kompas.tv - 14 Januari 2022, 14:13 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

BANGLI, KOMPAS TV - bermula dari banyaknya limbah buah jeruk dan buah lainnya di sekitaran kebun dan malahnya harga pupuk konvensional, seorang petani I Nengah Rawitana, asal Desa Pengotan, Kabupaten Bangli, Bali, berhasil mengolah limbah buah menjadi pupuk organik cair.

Pertama-tama I Nengah Rawitana mengumpulkan buah jeruk, tomat dan limbah buah lainnya. Setelah terkumpul limbah buah dicacah, kemudian dimasukan kedalan tong penampungan, dan dicampur dengan limbah air kelapa, batang pohon  pisang, urin sapi dan molase. Setelah semua tercampur, tong ditutup rapat untuk menunggu proses fermentasi. Pupuk baru bisa digunakan setelah tiga bulan lebih difermentasi dan mengeluarkan bau asam.

Sementara itu untuk pemakaian, satu liter pupuk dicampur dengan seratus liter air, lalu disemprotkan ke tanaman.

I Nengah Rawitana mengatakan, ia mulai bejar membuat pupuk organik cair sejak enam bulan lalu  secara otodidak. Bahkan kini banyak petani di desanya yang sudah mengunakan pupuk cair tersebut dan tidak mengunakan pupuk konvensional lagi.

Menurut Rawina, selain lebih murah, pupuk organik buatannya dinilai lebih cepat diserap dan menyuburkan tanaman serta tidak mencemari tanah.

 

 

 

 

#pupukorganikcair #distanbangli #pemkabbangli

 

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x