Kompas TV regional berita daerah

Upacara Mengawali Pembangunan Pusat Kebudayaan Bali

Kompas.tv - 14 Januari 2022, 13:15 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

KLUNGKUNG, KOMPAS TV - Pusat Kebudayaan Bali - PKB , yang dibangun di atas lahan lebih dari 320 hektar di atas lahan bekas galian C, di Kabupaten Klungkung Bali , terus dikebut. Setelah sebelumnya tahun 2020 dibangun jalur air Sungai Unda untuk pengamanan area Pusat Kebudayaan Bali, awal tahun 2022 ini dimulai lagi pembangunan zona inti, dan target tuntas ditahun 2024 nanti, dengan anggaran lebih dari satu triliun rupiah.

Pelaksanaan pembangunan diawali dengan kegiatan upacara ritual sebagai kepercayaan masyarakat Bali, dipimpin sang sulinggih, untuk membersihkan segala hal negatif. Terlebih kawasan ini dulunya bekas galian C dan aliran lahar dingin Gunung Agung dan sempat ada peristiwa lainya.

Pempimpin upacara Ida Sri Bhawagan Putra Pemayun mengatakan, upacara ini juga dilakukan mulang dasar atau mendasari pembangunan dengan peletakan unsur sari alam semesta dan batu pertama sebagai penyeimbang, dengan harapan Pusat Kebudayaan Bali ke depan membawa kesejahteraan dan  kemakmuran untuk masyarakat di Bali.

Sementara itu Gubernur Bali mengatakan, pelaksanaan proyek dengan dana total sekitar rRp 2,5 Triliun ini, untuk membangun monumental Bali, dengan berbagai atraksi budaya dan museum tentang Bali terpusat ditempat ini.

Pada zona inti ada 15 fasilitas seni, dan panggung terbuka. Selain itu, ada pula museum tematik dan area penunjang berupa hotel, apartemen, hingga fasilitas usaha pariwisata.

 

 

#Pusatkebudayaanbali #pemprovbali #groundbreaking

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.