Kompas TV regional berita daerah

BMPS Minta Guru Honorer P3K Swasta Ditempatkan di Sekolah Asal

Kompas.tv - 14 Januari 2022, 13:15 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Jawa Tengah, meminta kepada pemerintah pusat agar guru honorer swasta yang lolos pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau P3K tetap mengajar di sekolah asal.

Ditemui usai menggelar video conference terkait dampak rekruitmen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja  atau P3K terhadap sekolah swasta. Ketua Badan Musyawarah Perguruan Swasta jateng, Karnadi Hasan Menegaskan, pemerintah perlu mengkaji penempatan guru honorer swasta yang lolos P3K.

Jika guru honorer swasta tersebut harus pindah dan mengajar di sekolah negeri secara otomatis mereka harus meninggalkan sekolah asal. Di sisi lain sekolah asal tersebut akan kekurangan guru. Karnadi Hasan menambahkan, padahal ada satu sekolah swasta enam guru lolos P3K. Jika nantinya mereka pindah, sekolah swasta akan kalang kabut mencari guru pengganti.

"Mensikapi ini BMPS meminta pemerintah hendaklah mendenga,r dan memperhatikan dengan seksamalah ya, aspirasi-aspirasi yang berkembang di masyarakat. Tentang tuntutan sikappun guru honorer swasta yang diterima diprogram PPPK, maka tuntutannya kembalikan itu,"  kata Karnadi.

Hal senada di ungkapkan anggota Komisi E DPRD Jateng Muh Zen. Menurutnya pemerintah perlu mengkaji ulang penempatan guru honorer swasta di sekolah negeri, jangan sampai penempatan tersebut membuat sekolah swasta kewalahan mencari pengganti guru.

"Semarang ini SD Supriyadi, dari beberapa guru yang diterima enam. Kan kelimpungan, meskipun siap pendaftaran guru baru. Tadi saya sampaikan, bahwa yang diterima P3K ini adalah guru-guru yang produktif, guru-guru yang sudah PPG, guru-guru yang sudah mengabdi lama. Dan tiba-tiba di tempatkan di sekolah negeri, maka harus mulai dari awal lagi kan mereka merencanakan, mempersiapkan dan sebaginya di tempat belajar baru," ujar Muh Zen. 

BMPS Jawa Tengah maupun anggota Komisi E DPRD Jawa Tengah serta Paguyuban Kepala Sekolah Swasta se-Jawa Tengah juga meminta agar tidak ada dikotomi antara sekolah negeri dan swasta. Dan berharap pemerintah memberi apresiasi yang sama baik kepada sekolah negeri maupun swasta.

#pppk #guruhonorer #bmps

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x