Kompas TV internasional kompas dunia

Xi Jinping Telepon Jokowi, Ternyata China Ingin Terus Berjuang dengan Indonesia Melawan Covid-19

Kompas.tv - 14 Januari 2022, 11:36 WIB
xi-jinping-telepon-jokowi-ternyata-china-ingin-terus-berjuang-dengan-indonesia-melawan-covid-19
Presiden Jokowi bersama Presiden Xi Jinping. Xi Jinping ingin agar China bisa terus berjuang dengan Indonesia melawan Covid-19. (Sumber: Roman Pilipey/Pool Photo via AP)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden China Xi Jinping mengungkapkan keinginannya untuk terus berjuang bersama Indonesia melawan Covid-19.

Hal itu diungkapkan Xi Jinping saat menghubungi Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam pembicaraan lewat telepon, Selasa (11/1/2022).

Dalam kesempatan itu ia mengungkapkan ingin membangun model kerja sama di bidang kesehatan dengan Indonesia.

Xi Jinping juga menegaskan China akan terus membantu Indonesia dalam upaya untuk mendorong pusat produksi vaksin Covid-19 regional.

Baca Juga: Filipina Larang Orang Tak Divaksin Naik Angkutan Umum di Manila, Langsung Dihajar Kritik

Selain itu, ia ingin memperdalam kerja sama dengan Indonesia dalam jaringan indutri produksi vaksinasi juga dalam penelitian dan pengembangan obat.

Dikutip dari The Straits Times, pada pembicaraan itu Xi Jinping mengatakan sejak tahun lalu hubungan China-Indonesia telah menunjukkan perkembangan di tengah pandemi.

Menurutnya kedua negara telah membangun paradigma baru dalam kerja sama bilateral dengan pembentukan dialog tingkat tinggi, juga mekanisme kerja sama.

Xi Jinping menilai China dan Indonesia adalah dua negara berkembang yang memiliki tujuan bersama untuk mencapai pembangunan dan kebahagiaan bagi rakyatnya.



Sumber : The Strait Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x