Kompas TV nasional peristiwa

Ada Demo Buruh, Jalan Depan Gedung DPR Macet Total

Kompas.tv - 14 Januari 2022, 11:27 WIB
ada-demo-buruh-jalan-depan-gedung-dpr-macet-total
Jalan di depan Gedung DPR macet total akibat demo buruh, Jumat (14/1/2022). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas.tv)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Sejumlah serikat buruh menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung DPR, Jakarta, Jumat (14/1/2022). Salah satu tuntutan mereka adalah menolak adanya Undang-Undang Cipta Kerja.  

Pantauan Kompas TV di lokasi, terlihat ratusan buruh itu memadati Jalan Gatot Subroto yang mengarah ke Slipi. Beberapa mobil komando pun terparkir di depan gedung parlemen. 

Ratusan buruh yang berkerumun itu hampir memenuhi ruas Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Akhirnya, penumpukan kendaraan terjadi di kawasan tersebut. 

Mobil dan motor hanya bisa menggunakan satu ruas jalur. Kendaraan roda dua dan empat yang melintas di sana hanya bisa memacu kecepatannya sekitar 10 KM/jam. 

Aparat kepolisian pun mengizinkan pengendara untuk menggunakan jalur Transjakarta demi mengurai kemacetan di Jalan Gatot Subroto. 

Sebelumnya, Presiden Partai Buruh Said Iqbal menyampaikan, ribuan buruh dari Jabodetabek menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung DPR RI. 

"Aksi ini diorganissr oleh Partai Buruh bersama organisasi serikat pendukungnya yang terdiri dari KSPI, ORI, KPBI, SPI, JALA PRT, Buruh Migrant, Urban Poor Consortium, guru dan tenaga honorer, organisasi perempuan PERCAYA, dan 60 federasi serikat pekerja di tingkat nasional," kata Said.

Menurutnya, aksi ini mengusung empat tuntutan. Pertama dan yang utama adalah menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja.

Kedua, sahkan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (RUU PPRT).

Ketiga, revisi Surat Keputusan Gubernur terkait dengan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) Tahun 2022.

Sedangkan yang keempat, revisi Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (UU KPK).

"Aksi ini juga serempak dilakukan di puluhan provinsi yang lain seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, dan provinsi lainnya," kata Said.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.