Kompas TV religi beranda islami

Bikin Rezeki Melimpah, Lakukan Amalan Ringan Ini di Hari Jumat

Kompas.tv - 14 Januari 2022, 06:07 WIB
bikin-rezeki-melimpah-lakukan-amalan-ringan-ini-di-hari-jumat
Ilustrasi. Anda juga bisa melakukan amalan ringan ini di hari Jumat agar rezeki melimpah. (Sumber: Hebert Santos, Pexels)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bagi umat Islam, Jumat adalah hari yang mulia. Begitu istimewanya, ketika Anda melakukan suatu amalan ringan di hari tersebut, Anda akan memperoleh pahala dan rezeki yang senantiasa dilipatgandakan.

Ada amalan ringan yang bisa dikerjakan di hari Jumat. Amalan ini juga sering dilakukan Rasulullah SAW.

Amalan ringan yang dimaksud adalah bersedekah. Sedekah dapat dilakukan dengan hal-hal kecil seperti memberi senyuman tulus kepada sesama, dan memberi sarapan/kue kepada orang yang kita temui.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Sahih Bukhari dan Muslim, dikisahkan soal sedekah yang membuat malaikat juga turut mengamini doa orang tersebut. 

Malaikat mendoakan mereka yang gemar bersedekah, menyisihkan hartanya meskipun sedikit untuk membantu sesama.

Sabda Nabi, “Tidaklah berlalu pagi di setiap hari kecuali ada dua malaikat yang turun dan berdoa, ’Ya Allah berikanlah ganti pada yang bersedekah (infaq)' Sedangkan malaikat yang satunya berdoa, ’Ya Allah berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah.’" (Muttafaq alaih).

Baca Juga: Zikir adalah Sedekah, Berikut Penjelasannya

Sedekah Jumat yang Bikin Rezeki Melimpah

Imam Syafii, pendiri mazhab Syafii dan salah satu ulama yang paling banyak diikuti di Indonesia, dalam kitab Al-Umm menyitir sabda Nabi terkait sedekah di hari Jumat.

Sedekah di hari jumat merupakan salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad selama hidupnya.

Allah juga berfirman dalam Alquran tentang mereka yang gemar bersedekah. Ini termaktub dalam surah Al Baqarah ayat 261. Allah SWT berfirman:

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

Dalam firman Allah tersebut, orang yang gemar bersedekah tidak akan pernah jadi orang yang kekurangan. Bahkan Allah akan melipatgandakan hartanya.

Jadi, apakah Anda sudah bersedekah hari ini?

Baca Juga: Doa Pagi Hari Meluaskan Pintu Rezeki

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x