Kompas TV olahraga kompas sport

Hasil Piala Afrika 2021: Bekuk Ethiopia 4-1, Kamerun Segel Tiket 16 Besar

Jumat, 14 Januari 2022 | 05:08 WIB
hasil-piala-afrika-2021-bekuk-ethiopia-4-1-kamerun-segel-tiket-16-besar
Penyerang Timnas Kamerun, Vincent Aboubakar, merayakan golnya ke gawang Ethiopia dalam matchday 2 Piala Afrika 2021 di Stadion Ahmadou Ahidjo, Kamis (13/1/2022). (Sumber: AP Photo/Themba Hadeb)

Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Edy A. Putra

YAOUNDA, KOMPAS.TV - Timnas Kamerun sukses menyegel tiket babak 16 besar Piala Afrika 2021 setelah menekuk Ethiopia dengan skor 4-1 dalam matchday 2 Grup A. 

Duel Kamerun vs Ethiopia sendiri berlangsung di Stadion Ahmadou Ahidjo, Yaounda, Kamis (13/1/2022) malam WIB.

Empat gol kemenangan Les Lions oleh Toko Ekambi (8', 67') serta Vincent Aboubakar (53', 55'). 

Tambahan tiga poin membuat Kamerun memastikan satu tempat di babak gugur. Kini, Kamerun kokoh di puncak Grup A dengan koleksi poin sempurna (6 poin) dari dua laga. 

Baca Juga: Piala Afrika: Kontroversi Wasit di Laga Tunisia vs Mali, Tiup Peluit Akhir Pertandingan Dua Kali

Jalannya Pertandingan

Kendati tampil dominan dan berlaga di depan para pendukungnya sendiri, Kamerun sempat dikejutkan gol cepat Dewa Holessa pada menit ke-4. 

Tak ingin dipermalukan di depan publiknya sendiri, Kamerun langsung membalas empat menit berselang. 

Karl Toko Ekambi dengan apik menanduk bola umpan silang dari Collins Fai. 

Ethiopia sendiri tidak gentar dan sempat menciptakan sejumlah peluang yang mengancam gawang Kamerun. Tetapi, kedudukan 1-1 bertahan hingga jeda pertandingan. 

Selepas turun minum, tuan rumah langsung tancap gas dengan bermain lebih ofensif. Strategi pelatih António Conceição da Silva Oliveira atau yang kerap disapa Toni, berbuah manis.

Babak kedua baru berjalan 8 menit, Vincent Aboubakar sukses membuat Kamerun berbalik unggul. Kembali lewat umpan Collins Fai, sundulan Aboubakar tak mampu diantisipasi kiper Ethiopia. 

Baca Juga: CAF Selidiki Kontroversi Wasit di Laga Piala Afrika Tunisia vs Mali

Hanya berselang dua menit, Aboubakar kembali mencetak gol. 

Eks penyerang FC Porto tersebut mampu memanfaatkan umpan Nicolas Moumi Ngamaleu dari situasi serangan balik cepat. Gol ini membuat Kamerun unggul 3-1. 

Di atas angin, Kamerun memanfaatkannya dengan baik. Toko Ekambi sukses mencetak brace di laga ini usai meneruskan umpan teroboan Martin Hongla pada menit ke-67. 

Sejatinya, Kamerun mampu menambah keunggulannya pada pengujung laga, andai sepakan Collins Fai tidak membentur tiang gawang. 

Alhasil, skor 4-1 untuk kemenangan Kamerun tidak berubah hingga pertandingan berakhir

Kedua tim akan melakoni laga pamungkas Grup A pada Senin (17/1) mendatang. Kamerun akan menantang Tanjung Verde, sedangkan Ethiopia bakal melawan Burkina Faso. 


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x