Kompas TV olahraga kompas sport

Tsitsipas: Djokovic Membuat Petenis Lain Terlihat Seperti Orang Bodoh

Kompas.tv - 14 Januari 2022, 04:35 WIB
tsitsipas-djokovic-membuat-petenis-lain-terlihat-seperti-orang-bodoh

Stefanos Tsitsipas mengatakan bahwa sikap Novak Djokovic yang enggan divaksin membuat petenis lain di Australia Open terlihat seperti orang bodoh.  (Sumber: AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Petenis nomor empat dunia Stefanos Tsitsipas menyebutkan bahwa keputusan Novak Djokovic datang ke Australia Open dengan status belum divaksinasi membuat turnamen dalam bahaya dan petenis lain terlihat seperti orang bodoh. 

Petenis peringkat satu dunia, unggulan teratas, dan juara bertahan asal Serbia itu berusaha mengamankan gelar Australia Open kesepuluhnya pada Senin pekan depan. 

Tak hanya itu, Djokovic juga bertekad meraih gelar Grand Slam ke-21 yang belum pernah diraih siapa pun. 

Akan tetapi kontroversi terjadi saat ia diketahui belum mendapat suntikan vaksin Covid-19 yang sempat membuat visanya dicabut dan nyaris dideportasi dari Australia karena dianggap melanggar protokol kesehatan. 

Namun setelah pengadilan memenangkan tuntutannya, dan pemerintah Australia tidak berencana mencabut visanya lagi, Djokovic tetap diikutsertakan dalam undian babak pertama Australia Open. 

Meski begitu, kontroversi Djokovic yang enggan divaksin tersebut membuat petenis lain turut berkomentar. 

Petenis asal Yunani, Stefanos Tsitsipas, mengatakan bahwa hampir semua petenis yang ikut turnamen di Melbourne itu sudah divaksin. 

Dan sikap yang dilakukan oleh Djokovic itu justru membuat para petenis yang sudah melakukan vaksin terlihat orang bodoh. 

Baca Juga: Novak Djokovic Terancam Tak Dapat Pertahankan Gelar di Australian Open

"Statistik mengatakan 98 persen pemain telah divaksinasi dan melakukan apa yang harus mereka lakukan untuk datang dan tampil dan bermain di Australia," kata Tsitsipas kepada saluran TV India WION dikutip dari NZ Herald

“Satu sisi ya kita semua mengikuti protokol untuk bertanding di Australia, kita sangat disiplin di bagian itu."

"Di sisi lain, saya akan mengatakan bahwa sepertinya tidak semua orang bermain sesuai aturan bagaimana Tennis Australia dan pemerintah telah menempatkan sesuatu."

"Sebuah kelompok yang sangat kecil memilih untuk mengikuti cara mereka sendiri dan itu membuat mayoritas terlihat seperti mereka semua bodoh atau semacamnya," ujarnya. 

Lebih lanjut Tsitsipas mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh Djokovic, datang ke Australia tanpa divaksin, sangat berani namun sangat membahayakan turnamen. 

"Yang pasti dia bermain dengan aturannya sendiri dan telah melakukan sesuatu yang tidak banyak pemain berani lakukan, terutama setelah ATP mengumumkan kriteria tertentu bagi pemain untuk masuk ke negara itu," lanjut Tsitsipas. 

“Tidak ada yang akan benar-benar berpikir saya bisa datang ke Australia tanpa vaksinasi dan tidak harus mengikuti protokol yang mereka berikan kepada saya, itu tentu membutuhkan banyak keberanian untuk melakukannya, dan menempatkan Grand Slam dalam risiko."

"Saya tidak berpikir banyak pemain bisa melakukannya hal itu," ucapnya. 

Baca Juga: Berkaca dari Kasus Djokovic, Kenapa Banyak Atlet Enggan Mendapatkan Suntikan Vaksin Covid-19?

 



Sumber : NZ Herald

BERITA LAINNYA



Close Ads x