Kompas TV internasional kompas dunia

Makin Panas dengan AS, Rusia Tak Kesampingkan Gelar Pasukan dan Senjata di Kuba dan Venezuela

Kompas.tv - 14 Januari 2022, 00:21 WIB
makin-panas-dengan-as-rusia-tak-kesampingkan-gelar-pasukan-dan-senjata-di-kuba-dan-venezuela
Wakil Menteri Luar Negeri Sergei Ryabkov, yang memimpin delegasi Rusia dalam pembicaraan hari Senin dengan Amerika Serikat di Jenewa, mengatakan dia tidak dapat mengonfirmasi atau mengecualikan kemungkinan Rusia mengirim aset militer ke Kuba dan Venezuela jika pembicaraan gagal dan tekanan Amerika Serikat terhadap Rusia makin meningkat. (Sumber: Thomas Peter/Pool Photo via AP, File)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

MOSKOW, KOMPAS.TV - Rusia pada Kamis (13/1/2022) dengan tajam meningkatkan taruhannya dalam perselisihannya dengan Barat mengenai Ukraina. Hal ini terjadi saat seorang diplomat senior menolak untuk mengesampingkan pengerahan militer Rusia ke Kuba dan Venezuela jika ketegangan dengan Amerika Serikat meningkat, seperti dilansir Associated Press, Kamis.

Wakil Menteri Luar Negeri Sergei Ryabkov, yang memimpin delegasi Rusia dalam pembicaraan hari Senin dengan Amerika Serikat di Jenewa, mengatakan dia tidak dapat mengoonfirmasi atau mengecualikan kemungkinan Rusia mengirim aset militer ke Kuba dan Venezuela jika pembicaraan gagal dan tekanan Amerika Serikat terhadap Rusia makin meningkat.

Rusia dan Amerika Serikat awal Minggu ini berunding di Jenewa dan pertemuan NATO-Rusia berikutnya gagal mempersempit kesenjangan pada tuntutan keamanan Moskow di tengah penumpukan pasukan Rusia di dekat Ukraina. Sementara Moskow menuntut penghentian ekspansi NATO, Washington dan sekutunya dengan tegas menolaknya.

Berbicara dalam sebuah wawancara dengan TV RTVI Rusia, Ryabkov mencatat bahwa "semuanya tergantung pada tindakan rekan-rekan Amerika Serikat kami," menunjuk pada peringatan Presiden Rusia Vladimir Putin bahwa Moskow dapat mengambil tindakan teknis secara militer jika Amerika Serikat memprovokasi Kremlin dan meningkatkan tekanan militer atas Rusia.

Sementara menyuarakan keprihatinan bahwa NATO berpotensi menggunakan wilayah Ukraina untuk penggelaran peluru kendali yang mampu mencapai Moskow hanya dalam lima menit, Putin mencatat kapal perang Rusia yang dipersenjatai dengan rudal jelajah hipersonik Zirkon terbaru akan memberi Rusia kemampuan serupa jika dikerahkan di perairan netral.

Zirkon, yang dikatakan Putin terbang dengan kecepatan sembilan kali kecepatan suara hingga jangkauan lebih dari 1.000 kilometer (620 mil), sulit dicegat dan dapat dilengkapi dengan hulu ledak konvensional atau nuklir.

Angkatan Laut Rusia akhir tahun ini akan dipersenjatai peluru kendali tersebut di kapal fregat dan kapal selamnya.

Baca Juga: Juru Bicara Putin Sebut NATO Cuma Alat Konfrontasi, Anggap Keanggotaan Ukraina Mengancam Rusia

Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman, kiri, dan wakil menteri luar negeri Rusia Sergei Ryabkov menghadiri pembicaraan keamanan di Misi Amerika Serikat di Jenewa, Swiss, Senin, 10 Januari 2022. (Sumber: Denis Balibouse/Pool via AP)

Pernyataan Ryabkov mengikuti komentarnya bulan lalu yang membandingkan ketegangan saat ini di Ukraina dengan Krisis Rudal Kuba 1962, ketika Uni Soviet mengerahkan rudal ke Kuba dan Amerika Serikat memberlakukan blokade laut di pulau itu.

Krisis berakhir setelah Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy dan pemimpin Uni Soviet Nikita Khrushchev setuju Moskow akan menarik rudalnya sebagai imbalan atas janji Washington untuk tidak menyerang Kuba dan penarikan rudal Amerika Serikat dari Turki.

Segera setelah pemilihan pertamanya pada tahun 2000, Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan penutupan fasilitas pengawasan militer buatan Soviet di Kuba saat ia berusaha untuk meningkatkan hubungan dengan Washington.

Moskow beberapa tahun terakhir ini mengintensifkan kontak dengan Kuba ketika ketegangan dengan Amerika Serikat dan sekutunya meningkat.

Pada Desember 2018, Rusia secara singkat mengirim sepasang pembom Tu-160 berkemampuan nuklirnya ke Venezuela untuk menunjukkan dukungan kepada Presiden Venezuela Nicolas Maduro di tengah tekanan Barat.

Ryabkov mengatakan, penolakan Amerika Serikat dan sekutunya untuk mempertimbangkan permintaan utama Rusia terhadap ekspansi Barat ke Ukraina dan negara-negara bekas Soviet lainnya, membuat Rusia sulit untuk membahas masalah-masalah seperti pengendalian senjata dan langkah-langkah membangun kepercayaan, yang menurut Washington mereka siap merundingkan hal tersebut.

"Amerika Serikat ingin melakukan dialog tentang beberapa elemen situasi keamanan ... untuk meredakan ketegangan dan kemudian melanjutkan proses pengembangan geopolitik dan militer di wilayah baru, mendekati Moskow," katanya. “Kami tidak punya tempat untuk mundur.”

Baca Juga: Pasukan Aliansi CSTO yang Dipimpin Rusia Bersiap Pulang dari Kazakhstan

Tentara Rusia melakukan latihan di perbatasan Ukraina. Wamenlu Rusia Sergei Ryabkov menggambarkan permintaan jaminan yang menghalangi ekspansi NATO ke Ukraina dan negara-negara bekas Soviet sangat penting. (Sumber: AP Photo)


Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.