Kompas TV tekno internet

Rancangan IKN Baru Bakal Diimplementasikan dalam Dunia Metaverse

Kompas.tv - 13 Januari 2022, 19:41 WIB
rancangan-ikn-baru-bakal-diimplementasikan-dalam-dunia-metaverse
Konsep desain ibu kota negara (IKN) baru Indonesia, yang mengambil lokasi di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Panajam Paser Utara, Kalimantan Timur. (Sumber: Dok. Kementerian PUPR)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pemerintah akan mengimplementasikan rancangan Ibu Kota Negara (IKN) baru ke dalam dunia metaverse, dalam hal ini adalah dunia komunitas virtual tanpa akhir yang saling berhubungan.

Hal itu disampaikan oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam rapat bersama Pansus IKN di Jakarta, Kamis (13/1/2022).

“Kita kemarin sudah luar biasa heboh dengan hologram tapi sekarang sudah ada dan kami sedang mempersiapkan IKN bentuk metaverse,” ujarnya, dikutip dari Antara.

Suharso mengatakan, saat ini telah ada tim yang menyusun metaverse untuk IKN baru ini yang ditargetkan selesai dalam empat bulan ke depan. Dengan demikian, masyarakat bisa mengenal lebih dekat desain, konsep dan rancangan IKN.

“Mudah-mudahan dalam empat bulan kami di Bappenas bisa menunjukkan kira-kira IKN kalau jadi seperti ini. Jadi bukan lagi dalam bentuk maket dan hologram,” terangnya.

Ia menyebut, Metaverse muncul sebagai dampak dari kemajuan teknologi sehingga implementasi IKN dalam dunia metaverse akan membantu pemerintah untuk memperkenalkan IKN baru secara lebih jelas.

Baca Juga: Kebangkitan Ekonomi Indonesia di Era Metaverse

Implementasi IKN ini juga dilakukan kerena melihat pengalaman Jakarta dan kota-kota lain di Indonesia memang memiliki masterplan yang hebat, namun seiring perkembangan ternyata semakin tidak terarah.

“Jakarta dan kota-kota lain memiliki masterplan begitu luar biasa hebat tapi seiring perkembangan semakin di luar jalur masterplan. Jadi urban arsitektur itu penting. Kita ingin kota cantik, indah dan jelas judulnya bukan kota tanpa judul,” jelasnya.

Sebagai informasi, Metaverse adalah sebuah konsep dunia virtual di mana seseorang dapat membuat dan menjelajah dengan pengguna internet lainnya dalam bentuk avatar dirinya sendiri.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.