Kompas TV nasional politik

Orang PKB Sedikit di PBNU Era Gus Yahya, Peneliti: Biar Kelompok Politik Tidak Mendominasi

Kompas.tv - 13 Januari 2022, 11:32 WIB
orang-pkb-sedikit-di-pbnu-era-gus-yahya-peneliti-biar-kelompok-politik-tidak-mendominasi
Penulis buku Menjerat Gus Dur, Virdika Rizky Utama, sekaligus peneliti PARA Syndicate menilai soal kader PKB sedikit di PBNU era Gus Yahya, menurutnya ini terkait dominasi (Sumber: Dok. Pribadi Virdika )
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPS.TV – Peneliti PARA Syindicate, Virdika Rizky Utama, menyebut ada elemen penting terkait kepengurusan baru PBNU era Gus Yahya periode 2022-2027.

Kata Virdi, ini bisa dilihat dari dominasi partai politik tertentu yang tidak lagi mendominasi wajah kepengurusan PBNU.

Penulis buku Menjerat Gus Dur (2019) itu juga menyebut, PKB sebagai salah satu parpol yang berasal dari NU kini tidak lagi tampil dominan.

Ia juga menyebut, salah satu hal baik ketika PKB tidak lagi dominan dalam kepengurusan PBNU adalah, masyarakat biasa bisa lebih membedakan antara parpai politik dan ormas keumatan seperti PBNU.

“Biar tidak ada satu kelompok politik yang sangat mendominasi dalam NU. Sebab, beberapa waktu lalu orang awam sulit membedakan NU ini bagian dari PKB atau sebaliknya,” kata Virdi kepada KOMPAS TV via pesan singkat, Kamis (13/1/2022).

Baca Juga: Politikus di Kepengurusan PBNU Era Gus Yahya: Nusron Wahid, Gus Ipul hingga Nasyirul Falakh Amru

Seperti diberitakan KOMPAS TV sebelumnya, Waketum PBNU Nusron Wahid menepis anggapan soal minimnya orang atau pun kader PKB di kepengurusan PBNU.

“Ada juga yang PKB, Pak Amin Said itu PKB. Pernah jadi Wasekjen PKB, diusung PKB jadi bupati Bondowoso,” papar Nusron Wahid di Sapa Indonesia Malam, Rabu (12/2).

Amin Said adalah mantan bupati Bondowoso dua periode tahun 2008-2012 dan 2012-2014 dan saat ini duduk menjadi salah satu Ketua PBNU.

Baca Juga: The Political Literacy: Gus Yahya Menjaga NU dari Kepentingan Politik Praktis dan Politik Identitas

Nusron lantas menjelaskan beberapa kader PKB lain yang juga duduk di kepengurusan PBNU era Gus Yahya ini. Nusron menyebut Salam Sohib, salah satunya, yang dianggapnya sebagai dedengkot PKB.

“Gus Salam Sohib itu dedengkot PKB dan masih banyak yang lain. Jadi ini bukan soal PKB, Golkar atau yang lain,” ujarnya.

Nusron juga menjelaskan, Gus Yahya sengaja dengan tidak hanya satu corak parpol di PBNU, agar nanti NU bisa jaga jarak dengan politik.

Baca Juga: Daftar Lengkap Pengurus PBNU 2022-2027

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x