Kompas TV regional berita daerah

Risiko PTM 100%, Siswa Berpotensi Jadi Pembawa Virus ke Rumah

Kompas.tv - 13 Januari 2022, 07:00 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Pembelajaran tatap muka untuk jenjang Sekolah Dasar sudah 100 persen digelar di Banjarmasin.

Anggota Tim Pakar Percepatan Penanganan Covid-19 Universitas Lambung Mangkurat, Hidayatullah Muttaqin, menyebut perlu kehati-hatian lantaran anak di usia 6 hingga 11 tahun belum  divaksinasi.                      

Baca Juga: Tiap SKPD di Banjarmasin Wajib Ajak 10 Lansia Bervaksin Perhari Demi Mencapai Target        

Meski anak-anak lebih tahan dari paparan covid-19, namun berpotensi sebagai pembawa sehingga dapat menularkannya kepada orang lain seperti orang tua termasuk lansia yang ada di rumah.

Apalagi capaian vaksinasi di Banjarmasin untuk lansia dianggap paling rendah di Kalimantan Selatan dan hanya mencapai 44 persen, jika mengacu data di Kemenkes RI.

“sebaiknya memang mobilitas penduduk itu dikendalikan dan diperlambat untuk mencegah penularan  lebih masif termasuk untuk sekolah,” ucap Anggota Tim Pakar Percepatan Penanganan Covid-19 Universitas Lambung Mangkurat, Hidayatullah Muttaqin.

Baca Juga: SD di Banjarmasin Terapkan PTM 100%, Orangtua Siswa Pilih Antar-Jemput Anak Demi Minimalisir Risiko

Hidayatullah Muttaqin, menyebut pemerintah seharusnya bisa menahan diri  dalam mencegah penularan covid-19 yang masif, terutama dengan munculnya varian omicron di Indonesia mengingat capaian vaksinasi lansia terbilang rendah, sehingga vaksinasi anak diusia 6-11 tahun belum bisa dilakukan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.