Kompas TV nasional hukum

Alasan Polri Ganti Seragam Satpam Jadi Warna Krem: Terlalu Mirip dan Bikin Bingung Masyarakat

Kompas.tv - 13 Januari 2022, 08:04 WIB
alasan-polri-ganti-seragam-satpam-jadi-warna-krem-terlalu-mirip-dan-bikin-bingung-masyarakat
Polri berancana warna seragam satpam karena terlalu mirip polisi. (Sumber: Kontan.co.id)
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Polri berencana mengganti warna seragam harian Satuan Pengamanan alias Satpam yang sebelumnya berwarna cokelat muda menjadi warna krem.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan menjelaskan alasan penggantian seragam Satpam tersebut.

Menurut dia, perubahan warna seragam Satpam tersebut dilakukan untuk menghilangkan kebingungan di masyarakat. 

"Masih dalam proses pengkajian warna baju cokelat muda akan berubah menjadi warna krem," kata Ramadhan saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (12/1/2022).

"Seragam Satpam sekarang terlalu mirip dengan seragam anggota Polri, sehingga menyebabkan kebingungan dan kesulitan bagi masyarakat untuk membedakan mana Polisi dan Satpam," jelasnya.

Baca juga: Viral Video Satpam Tersambar Petir, Berikut Tips Aman Jika Terpaksa Beraktivitas Saat Hujan

Selain itu, Ramadhan mengatakan, satpam yang merupakan profesi pengemban fungsi kepolisian terbatas, perlu memiliki identitas sendiri yang berbeda dengan Polri selaku pembinanya.

Menurutnya, warna seragam baru Satpam akan dikenalkan pada Hari Ulang Tahun (HUT) Satpam yang diperingati pada 30 Desember.

"Pada HUT Satpam akan diperkenalkan warna seragam yang baru," kata Ramadhan.

Namun, lanjut Ramadhan, penggunaan warna baru seragam Satpam akan diberlakukan setelah selesai pengkajian dengan waktu selama satu tahun.

"Akan diberlakukan setelah selesai pengkajian dan diberikan waktu setahun setelah disahkan penggunaannya," kata Ramadhan.

Baca juga: Tes Urine Ardhito Pramono Positif Pakai Ganja

Untuk diketahui, aturan warna seragam satpam diubah dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa.

Peraturan itu diteken oleh Kapolri yang saat itu menjabat, Jenderal Idham Azis, pada 5 Agustus 2020.

Belum genap aturan itu berusia dua tahun, kini Polri mulai kembali akan mengubah warna seragam satpam dari coklat muda yang saat ini mirip polisi menjadi warna krem.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.