Kompas TV regional berita daerah

Warga Temukan Benda Peninggalan Kerajaan Singosari

Kompas.tv - 12 Januari 2022, 18:19 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

KEDIRI, KOMPAS.TV - Sejak satu bulan terakhir warga dusun Besowo Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri terus menemukan benda-benda kuno. Sejumlah benda seperti Lingga Yoni hingga Arca Ganesha pun ditemukan warga dari ladang dan pekarangan rumah.

Selain lingga Yoni warga juga menemukan mata uang dan mangkok kuno yang diduga peninggalan abad ke-11. Kini penemuan benda cagar budaya tersebut disimpan di sejumlah rumah warga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dinas Periwisata dan Kebudayaan Kediri pun telah memeriksa temuan benda-benda tersebut. Hasilnya benda cagar budaya tersebut diduga merupakan peninggalan kerajaan Singosari.

"Di desa ini banyak ditemukan benda-benda cagar budaya yang diduga merupakan kerajaan Singosari ini diambil warga dari berbagai pekarangan Sejak satu bulan terakhir" ungkap Wibowo kepala dusun Besowo.

selain benda-benda tersebut warga juga menemukan struktur batu bata merah yang berada di dalam hutan. Kini pihak Desa telah berkoordinasi dengan balai pelestarian cagar budaya Jawa Timur terkait temuan tersebut.

#kediri #Cagarbudaya #Arca #singosari #majapahit #Kerajaan #Beritakediri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x