Kompas TV internasional kompas dunia

Misteri Gustave, Buaya Raksasa Pemakan Manusia di Burundi, Diduga Sudah Mangsa Lebih dari 300 Nyawa

Kompas.tv - 12 Januari 2022, 16:06 WIB
misteri-gustave-buaya-raksasa-pemakan-manusia-di-burundi-diduga-sudah-mangsa-lebih-dari-300-nyawa
Ilustrasi buaya air asin. Gustave, buaya raksasa di Danau Tanganyika di Afrika diperkirakan sudah memangsa lebih dari 300 orang sepanjang hidupnya. (Sumber: Wikimedia/Matt)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

BURUNDI, KOMPAS.TV - Di balik keindahan Danau Tanganyika di Afrika, terdapat teror misterius seekor buaya raksasa pemakan manusia. Predator ini diduga sudah memangsa lebih dari 300 manusia sepanjang hidupnya.

Buaya itu bernama Gustave. Ia diduga adalah buaya air asin terbesar yang pernah terlihat di Afrika.

Sebagaimana predator-predator legendaris lain, banyak rumor yang menyelimuti Gustave. Cerita yang beredar ke warga setempat pun cenderung melebih-lebihkan wujud predator itu.

Sejumlah rumor menyebut Gustave memiliki tubuh raksasa sepanjang 12 meter alias hampir sepanjang lokomotif CC201 milik PT KAI.

Sebagian cerita juga mendramatisasi Gustave dengan menyebutnya berwarna merah atau kuning. Cerita lain menyebutnya berusia 100 tahun dan ada rerumputan yang tumbuh di kepalanya.

Baca Juga: Buaya Muara Sepanjang Dua Meter Diamankan

Akan tetapi, kalangan ilmuwan memperkirakan Gustave memiliki tubuh sepanjang enam meter dengan berat sekitar satu ton. Meskipun tidak sedramatis rumor, perkiraan fisik Gustave ini sama besarnya dengan buaya air asin terbesar yang pernah ditangkap, Lolong, yang berukuran panjang 6,17m dan bobot 1,075 ton.

Warga sekitar Tanganyika ketakutan akan Gustave, terutama pada periode aktifnya sebelum abad 21 dan awal 2000-an. Warga setempat menyebut Gustave kerap memangsa nelayan dan orang yang mandi di danau.

Pada 2004, ahli herpetologi Patrick Faye membuat dokumenter misi menangkap Gustave. Tim Faye ingin memindahkan raksasa pemakan manusia itu dari Danau Tanganyika.

“Dia bisa memakan 10, 15, atau 20 orang sepanjang bantaran. Suatu tahun, saya mengikuti jejak salah satu perburuannya dan 17 orang dilaporkan telah dimakan di antara Kanyosha dan Minago, dan Kabezi dan Magara,” kata Faye kepada BBC via IFL Science.



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.