Kompas TV nasional update corona

Pemerintah Berikan Setengah Dosis Vaksin Booster, Berikut Kombinasi Vaksin Rancangan Kemenkes

Kompas.tv - 12 Januari 2022, 14:49 WIB
Penulis : Akbar Prabowo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Program vaksin booster mulai dilaksanakan pada 12 januari 2022. Kementerian Kesehatan menyebut vaksin booster Covid-19 hanya diberikan kepada masyarakat berusia diatas 18 tahun dan mendapatkan dosis lengkap minimal sejak 6 bulan lalu.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan saat ini prioritas penerima vaksin booster Covid-19 adalah lansia dan kelompok rentan. 

Baca Juga: Vaksin Booster Mulai Diberikan, Begini Suasana Vaksinasi Dosis Ketiga di Kramat Jati, Jakarta

Pelaksanaan vaksin booster akan diberikan secara gratis kepada seluruh masyarakat Indonesia di faisilitas kesehatan masyarakat milik pemerintah.

Kementerian Kesehatan menentukan kombinasi vaksin yang akan didapat oleh warga. Bagi warga yang telah mendapatkan vaksin Sinovac pada dosis pertama dan kedua, maka mereka akan mendapatkan booster Pfizer atau AstraZeneca.

Baca Juga: Vaksin Booster Gratis Dimulai Hari Ini, Simak Lagi Syarat-syaratnya

Sementara itu, bagi warga yang mendapatkan vaksin AstraZeneca pada dosis pertama dan kedua, mereka akan medapatkan booster vaksin Moderna. Adapun dosis yang diberikan kepada masyarakat bukan satu dosis, melainkan setengah dosis vaksin booster. 

Alasannya, penelitian dalam dan luar negeri menunjukkan bahwa vaksin booster setengah dosis menunjukkan peningkatan level antibodi yang relatif sama atau lebih baik dari vaksin booster dosis penuh dan memberikan dampak KIPI yang lebih ringan.

Video editor: Adrianus Ardya



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x