Kompas TV nasional agama

Kata Kemenag soal Daftar Tunggu Haji 20-30 Tahun, Dibuatkan Program Khusus Selama Menunggu

Rabu, 12 Januari 2022 | 10:51 WIB
kata-kemenag-soal-daftar-tunggu-haji-20-30-tahun-dibuatkan-program-khusus-selama-menunggu
Sejak kemarin, Sabtu, (17/07/2021), jamaah haji yang sudah tiba di Makkah langsung melaksanakan Tawaf Al-Qudum. Kemenag bicara soal daftar tunggu haji di Indonesia yang bisa sampai 30 tahun (Sumber: Saudi Press Agency)

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama, Hilman Latief, menyatakan pihaknya saat ini tengah merancang skema pembinaan bagi calon jamaah haji terkait daftar tunggu yang lama, bisa sampai 20-30 tahun.

Pembinaan ini terkait dengan pembinaan jamaah tunggu ibadah haji. Jamaah yang masuk dalam masa tunggu, kata dia, agar mendapat pemahaman soal perhajian dan dasar keislaman.

"Saya sudah memerintahkan jajaran direktorat untuk mendesainkan secara riil konsep untuk pembinaan jamaah tunggu, bukan hanya yang akan berangkat tahun depan tapi termasuk yang akan berangkat 20 sampai 30 tahun akan datang," paparnya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (11/2/2022).

Baca Juga: Jusuf Kalla: Daftar Haji Usia 20 tahun, Naik Hajinya Setelah Berusia 60 tahun

Hilman menjelaskan daftar tunggu jamaah haji Indonesia sampai hari ini rata-rata hingga 25 tahun.

Kondisi ini menurut aktivis Muhammadiyah tersebut tentu saja tidak berbanding lurus antara jamaah yang berangkat dengan jamaah haji yang mendaftar setiap tahunnya.

"Artinya tahun menunggu itu akan semakin banyak dan semakin panjang karena rasio yang berangkat dengan rasio yang daftar tidak berbanding lurus," katanya.

Daftar tunggu ini, kata Hilman, harus dicari solusi bersama-sama demi memberikan layanan terbaik kepada masyarakat khususnya jamaah haji yang masuk dalam daftar tunggu.

Baca Juga: Kemenag Minta 419 Jemaah Umrah Perdana saat Pandemi Disiplin: Agar Dapat Kuota Lebih dari Arab Saudi

Program Kemenag Ketika Jamaah Haji Menunggu Keberangkatan 


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x