Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

CEO Binance Jadi Orang Terkaya Nomor 11 di Dunia, Siap Sumbangkan Kekayaan yang Dimilikinya

Kompas.tv - 11 Januari 2022, 20:29 WIB
ceo-binance-jadi-orang-terkaya-nomor-11-di-dunia-siap-sumbangkan-kekayaan-yang-dimilikinya
CEO Binance, Changpeng Zhao atau biasa yang dikenal CZ, menjadi orang terkaya nomor 11 di dunia. (Sumber: Twitter @cz_binance)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perkiraan baru mengeklaim, CEO perusahaan pertukaran cryptocurrency atau mata uang kripto, Binance, Changpeng Zhao, adalah miliarder crypto terkaya di dunia.

Kekayaan bersih yang dimiliki Zhao disebut menyaingi jumlah yang dimiliki oleh miliarder teknologi seperti Elon Musk, Jeff Bezos, Bill Gates, dan Mark Zuckerberg.

Pada Senin (10/1/2022), Bloomberg melaporkan, kekayaan bersih Zhao sebesar US$96 miliar (Rp1.373 triliun), menjadikannya orang terkaya ke-11 di dunia.

Dalam Bloomberg Billionaires Index, Zhao yang dikenal sebagai “CZ” di kalangan crypto, sekarang diapit oleh Mukesh Ambani, CEO dari konglomerat India Reliance Industries yang berada di posisi 12, dan Larry Ellison, salah satu pendiri Oracle, yang duduk di urutan 10 dengan kekayaan diperkirakan bernilai US$107 miliar.

Bloomberg mengatakan, perkiraannya didasarkan pada saham Zhao di Binance, yang melaporkan bahwa pertukaran tersebut menghasilkan pendapatan lebih dari US$20 miliar pada tahun 2021 di mana menurut tinjauan pengajuan peraturan perusahaan, Zhao memiliki 90 persen saham di Binance. 

Kekayaan bersih Zhao mungkin bahkan lebih tinggi dari US$96 miliar karena Bloomberg tidak memperhitungkan kepemilikan pribadi Zhao atas aset digital Bitcoin dan Binance Coin, mata uang kripto yang dikeluarkan oleh Binance.

Apabila kepemilikan crypto pribadi Zhao dihitung, kemungkinan kekayaan bisa saja setara dengan Bill Gates, orang terkaya keempat di dunia dengan kekayaan bersih US$135 miliar, dan Zuckerberg, orang terkaya kelima di dunia dengan US$124 miliar.

Baca Juga: Binance Holding Dikabarkan akan Jajaki Bursa Kripto di Indonesia bersama BCA dan Telkom, Benarkah?

Zhao belum secara terbuka mengomentari ukuran kepemilikan crypto pribadinya, tetapi dia mengatakan kepada Associated Press November lalu bahwa kepemilikan pribadinya merupakan “mayoritas” dari kekayaan bersihnya.

Demikian pula tak banyak yang diketahui tentang keuangan Binance, pertukaran crypto terbesar di dunia dengan keuntungan yang besar. 

Binance dilaporkan memproses sebanyak US$170 miliar perdagangan crypto per harinya, jauh lebih banyak daripada pesaing di pasar kripto dunia. 



Sumber : Fortune.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x