Kompas TV video sinau

Kerap Alami Bau Mulut Saat Bangun Tidur? Ternyata Ini Penyebabnya...

Kompas.tv - 13 Januari 2022, 09:00 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Masalah bau napas atau bau mulut kerap dialami banyak orang ketika bangun tidur. Kondisi yang dikenal dengan istilah morning breath ini bisa dialami siapa saja.

Dilansir dari Medical News Today, dalam istilah medis, bau mulut atau halitosis menggambarkan bau mulut kronis yang tidak kunjung hilang.

Salah satu penyebab mulut bau di pagi hari adalah kondisi mulut yang kering. Hal ini disebabkan karena saat tidur, produksi dan aliran normal air liur menurun sehingga mulut menjadi kering.

Ketika mulut mengering, bakteri yang juga menghasilkan bau tak sedap pun berkembang biak. Melansir Everyday Health, orang yang tidur dengan mulut terbuka atau mendengkur lebih mungkin mengalami bau mulut di pagi hari.

Dalam situasi tersebut, mengorok atau bernapas dengan mulut membuat mulut lebih rentan kering sehingga membuat bakteri lebih berkembang biak.

Baca Juga: Konsumsi 9 Makanan Ini Bisa Hilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Selain mulut kering, bau mulut di pagi hari umumnya disebabkan oleh kebersihan mulut yang buruk. Tidak membersihkan gigi secara rutin dapat menyebabkan gigi berlubang, serta penyakit gusi seperti gingivitis dan periodontitis yang dapat menyebabkan bau mulut

Penyebab bau mulut saat bangun tidur juga dipengaruhi makan makanan berbau tajam di malam hari seperti bawang putih, bawang bombai, rempah-rempah, daging, ikan, sampai keju.

Selain itu, merokok juga bisa menyebabkan bau mulut, yang mungkin tidak disadari perokok karena merokok dapat melemahkan indra penciuman.

Untuk mengurangi bau mulut saat bangun tidur di pagi hari, pastikan minum lebih banyak air untuk meningkatkan produksi air liur.

Selain itu, jaga kebersihan mulut dengan rutin membersihkan gigi dan lidah minimal dua kali sehari, membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi menggunakan benang gigi atau floss, dan berkumur dengan obat kumur untuk membersihkan bakteri.

(*)

Grafis: Joshua Victor



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x