Kompas TV regional berita daerah

Korban Angin Puting Beliung Mulai Dapat Bantuan

Kompas.tv - 11 Januari 2022, 17:24 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Warga korban  angin puting beliung di kecamatan bua kabupaten luwu mulai mendapat bantuan dari berbagai kalangan.

Bantuan bagi korban angin putting beliung salah satunya datang dari pemda dan juga polisi. Bantuan tak hanya bahan makanan tapi juga bahan bangunan agar warga bisa membenahi rumah mereka yang rusak. 

Bupati luwu yang memantau langsung berjanji akan segera memberikan bantuan lainya agar perbaikan rumah akan segera direalisasikan.

Warga korban  angin puting beliung di kecamatan bua kabupaten luwu mulai mendapat bantuan dari berbagai kalangan.

Bantuan bagi korban angin putting beliung salah satunya datang dari pemda dan juga polisi. Bantuan tak hanya bahan makanan tapi juga bahan bangunan agar warga bisa membenahi rumah mereka yang rusak. 

Bupati luwu yang memantau langsung berjanji akan segera memberikan bantuan lainya agar perbaikan rumah akan segera direalisasikan.

"Kemarin setelah mendengar laporan bencana ini, saya segera instruksi dinas terkait untuk terjun ke lokasi," kata Basmin, Minggu (9/1/2022).

"Hari ini kami datang meninjau langsung dan membawa bantuan," ujar Basmin saat menemui salah satu korban.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Luwu, Sofyan Thamrin, mengatakan, bantuan bagi rumah terdampak akan diberikan berdasarkan kategori.

Yakni kerusakan ringan, sedang maupun berat
"Tim kami sementara proses pendataan. Untuk rumah terdampak dengan kondisi rusak berat akan kita bangunkan rumah," kata Sofyan.

Diberitakan sebelumnya, bencana angin puting beliung menerjang tiga desa di Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Sabtu (8/1/2022) sore.

Ketiga desa tersebut adalah Desa Raja, Desa Lengkong dan Desa Karang-karangan.

Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu, Hasral, mengatakan, angin puting beliung mengakibatkan 45 unit rumah warga rusak.

"Kejadiannya sekitar pukul 16.00 Wita, menerjang tiga desa dan 45 unit rumah warga rusak," kata Hasral.

"Rumah rusak masing-masing di Desa Raja 20 unit, Desa Lengkong  21 unit, dan Desa Karang-karangan empat unit," sambung Hasral.
Ia menambahkan, rumah yang rusak parah atau rusak berat dari masing-masing desa yaitu 10 unit di Desa Raja.

Desa Lengkong empat unit dan Desa Karang-karangan dua unit. "Warga yang rumahnya rusak parah kini mengungsi di rumah keluarga dan malam tadi kami juga mendirikan tenda darurat untuk membantu warga yang mengungsi," katanya.

"Dilakukan pemadaman listrik di lokasi kejadian usai bencana untuk menghindari hal yang tidak diinginkan," katanya.

Selain rumah warga, sejumlah pohon ikut tumbang karena kejadian ini. Pohon tumbang sempat mengganggu arus lalu lintas di jalan poros Palopo-Belopa.


Sementara itu, Kepala Desa Raja, Tawakal, mengatakan, pasca kejadian warganya langsung bergotong royong membenahi rumah yang rusak. Juga mengungsikan warga yang terdampak ke rumah kerabat maupun keluarga.

"Kami ungsikan warga ke rumah keluarga mengingat sudah malam dan peralatan bantuan seperti tenda atau terval dan bahan makanan masih dalam perjalanan dibawa oleh BPBD dan Tagana," tuturnya.

Hari ini, Bupati Luwu, Basmin Mattayang diagendakan meninjau lokasi bencana. Ia juga akan melihat langsung kondisi para korban

#putingbeliung
#korban
#bantuankorban



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.