Kompas TV regional politik

Gerindra akan Usung Kader Internal di Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2024

Kompas.tv - 11 Januari 2022, 15:14 WIB
gerindra-akan-usung-kader-internal-di-pemilihan-gubernur-dki-jakarta-2024
Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR Habiburokhman. (Sumber: Tribunnews.com/Reza Deni)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS TV - Partai Gerindra menyatakan bakal mengusung kader dari internal partai berlambang kepala burung garuda tersebut pada gelaran pemilihan gubernur DKI Jakarta 2024. 

Namun, hingga kini nama sosok atau kader dari parpol pimpinan Prabowo Subianto itu masih dalam tahap pembahasan oleh jajaran DPP Partai Gerindra. 

"Ya enggak tau ya (bakal usung Anies atau tidak), belum diputuskan. Tapi kan kami ini partai besar, kami harusnya mengajukan calon sendiri, idealnya seperti itu," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (11/1/2022).

Baca Juga: Selain Risma dan Gibran, Ada 4 Nama yang Disiapkan PDIP Buat Pilkada DKI Jakarta 2024

Anggota Komisi III DPR RI itu menjelaskan nama sejumlah kader yang dinilai memiliki potensi untuk berlaga dalam perebutan kursi DKI-1 ialah Ahmad Riza Patria dan Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta Rani Maulani.

"DKI tentukan kita punya banyak stok kader. Ada pak Ahmad Riza Patria, ada bu Rani Maulani yang sekarang jadi ketua fraksi tiga periode, kami tidak kekurangan stok kader," ujarnya menjelaskan.

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, pihaknya belum tertarik untuk membicarakan pengganti Anies Baswedan sebagai orang nomor satu di Ibu Kota nanti. Anies akan meninggalkan kursi DKI 1 pada Oktober 2022 mendatang. 

Baca Juga: Selain Risma dan Gibran, Ada 4 Nama yang Disiapkan PDIP Buat Pilkada DKI Jakarta 2024

Diketahui, Penasihat Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta M Taufik sempat melontarkan pendapat kalau dirinya mempertimbangkan sosok, di antaranya adalah nama mantan Wali Kota Tangerang Selatan, yaitu Airin Rachmi Diany.

“Bahwa kemudian wacana-wacana itu secara pribadi ditimbulkan oleh Pak Taufik itu boleh-boleh saja, tapi tidak bisa dianggap itu adalah statement resmi dari partai," kata Dasco di Gedung DPR, Selasa (4/1/2021).

Baca Juga: Gerindra Nilai Masih Banyak Pejabat yang Layak Jadi Pj Gubernur DKI Selain Heru Budi Hartono

Wakil Ketua DPR itu menyebut, mekanisme internal yakni DPP ataupun DPD DKI Jakarta mengusulkan nama. Setelah itu berkonsultasi dengan dewan pimpinan pusat.

Selain itu, Ketua DPD DKI Jakarta Partai Gerindra Ahmad Riza Patria yang juga saat ini sebagai Wakil Gubernur DKI pasti memiliki pertimbangan tersendiri dalam melihat situasi yang terjadi di lapangan.

"Sebenarnya kan yang akan menyampaikan soal itu kan, selain diputuskan dari pusat adalah dari DPD DKI, dalam hal ini ketua DPD DKI-nya adalah Pak Ariza Patria, tentunya yang akan berkomentar itu lebih pas nanti Pak Riza Patria setelah kemudian berkomunikasi dengan DPP Partai Gerindra," katanya.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x