Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Pansus RUU IKN Sebut Tambang Ilegal di Kaltim Jadi Ancaman IKN

Selasa, 11 Januari 2022 | 14:05 WIB
pansus-ruu-ikn-sebut-tambang-ilegal-di-kaltim-jadi-ancaman-ikn
Anggota Pansus RUU IKN Budi Djiwandono saat mengunjungi Kalimantan Timur dan berdialog dengan semua pihak terkait, soal rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN). Budi menilai, tambang ilegal jadi ancaman bagi IKN (11/1/2022). (Sumber: Instagram @budidjiwandono)

Penulis : Dina Karina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV- Panitia Khusus (pansus) Rancangan Undang-undang (RUU) Ibu Kota Negara (IKN) menyatakan, ada sejumlah ancaman bagi IKN yang datang dari daerah penyangga.

Anggota pansus RUU IKN Budisatrio Djiwandono menilai, banyaknya tambang ilegal adalah salah satu ancaman bagi IKN. Lantaran, tambang ilegal memicu deforestasi, yang bisa menyebabkan banjir dan bencana alam lainnya.

"Ancaman terhadap deforestasi dan nyata terjadi di Kaltim adalah pertambangan ilegal. Kalau ini tidak diperhatikan, ini adalah daerah penyangga ibu kota," kata Budi yang merupakan politisi Gerindra ini, dalam konsultasi publik Pansus RUU IKN, Selasa (11/1/2022).

Budi pun mencontohkan banjir yang terjadi di sejumlah titik di Kalimantan Timur pada 2021, termasuk yang melanda wilayah IKN di Penajam Paser Utara. Padahal, sebelumnya daerah IKN diklaim pemerintah bebas banjir.

Baca Juga: Properti Diatas Rp1 M Kian Diminati, Tangerang Raya dan Bogor Jadi Wilayah Hunian Favorit

"Kalau ini tidak diperhatikan, tidak menutup kemungkinan IKN akan (mendapat) bencana alam seperti banjir. Ini adalah kesempatan momentum untuk kita bersama-sama memperhatikan kebutuhan daerah penyangga IKN," tuturnya.

Ia pun menyarankan agar pembangunan tidak hanya fokus di wilayah IKN saja, tetapi juga di daerah sekitarnya yang merupakan daerah penyangga. Seperti Balikpapan, Samarinda, dan Mahakam Hulu.

"Kita bicara lingkungan hidup. Kita tahu kekayaan Kaltim itu adalah lahannya, hutannya, lautnya, tapi kita juga tahu tantangan yang menghantui di Kaltim, permintaan SDA migas dan batu bara sudah berakibat pada kerusakan degradasi lahan-lahan di Kaltim," terang Budi.

Sebelumnya, pada akhir Desember lalu, Budi mengunjungi Kalimantan Timur untuk menyerap aspirasi perwakilan masyarakat adat, akademisi, mahasiswa, dan organisasi kepemudaan.

Baca Juga: Kritik Demokrat Soal Wacana Pilpres Diundur: Kalau Khawatir IKN Mangkrak, Jelas Sesat

Halaman Selanjutnya

Sumber :


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:36
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19