Kompas TV regional berita daerah

Wisata Sawah, Warna Padi Membentuk Tokoh Pewayangan

Kompas.tv - 11 Januari 2022, 13:09 WIB
Penulis : KompasTV Jember

MALANG, KOMPAS.TV - Berwisata di alam terbuka memang menyenangkan. Seperti di wisata persawahan yang ada di Kabupaten Malang Jawa Timur. Wisata itu unik, karena padi di sawah berwarna-warni hingga membentuk gambar tokoh pewayangan.

Sekilas lahan persawahan itu tak jauh berbeda dengan lahan persawahan pada umumnya. Namun jika dilihat lebih seksama, dalam satu petak lahan sawah ada perbedaan warna padi yang ditanam dan jika dilihat dari atas, perbedaan warna padi tersebut membentuk sebuah pola gambar, mulai dari gambar kupu-kupu hingga tokoh pewayangan, semar dan petruk.

Lahan persawahan itu berada di Dusun Paras, Desa Karangnongko, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Lahan seluas 1,4 hektar itu milik Pemerintah Desa. Lalu ada sekelompok warga yang berinisiatif untuk mengembangkannya menjadi wisata pedesaan berbasis pertanian dan edukasi.

Vendi Penatas Priadi adalah salah satu pengelolanya. Ia dan rekan-rekannya berencana memperluas wisata sawah pewayangan untuk meningkatkan ekonomi dan potensi desa.

Baca Juga: Bunga Syngonium Berbentuk Hati Kaya Warna Jadi Buruan Warga

Padi yang ditanam adalah hasil persilangan dari beberapa bibit padi. Membutuhkan waktu hingga 2 tahun untuk bisa menghasilkan tanaman padi berwarna warni seperti itu.

Selain menjadi tempat wisata alam, tempat itu juga menjadi wisata edukasi. Pasalnya pengunjung, khususnya anak-anak bisa belajar menari dan merawat padi.

 

#WisataSawah #TokohPewayangan #PadiWarnaWarni #Malang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x