Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Properti Diatas Rp1 M Kian Diminati, Tangerang Raya dan Bogor Jadi Wilayah Hunian Favorit

Kompas.tv - 11 Januari 2022, 12:54 WIB
properti-diatas-rp1-m-kian-diminati-tangerang-raya-dan-bogor-jadi-wilayah-hunian-favorit
Anandamaya Residences, properti yang dikembangkan oleh Hongkong Land. Pencarian properti dengan harga diatas Rp1 miliar diproyeksi meningkat tahun ini. Terutama di wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Utara. (Sumber: www.hkland.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Seiring membaiknya perekonomian dan penanganan Covid-19 yang terkendali, sektor properti diprediksi kembali menggeliat di tahun 2022.

Country Manager Rumah.com Marine Novita menyatakan, pencarian properti kelas menengah ke atas diproyeksi akan meningkat sepanjang tahun ini.

Marine menyampaikan, pencarian properti seharga Rp1 miliar keatas menunjukkan tren peningkatan. Terutama di kawasan Jakarta Pusat dan Jakarta Utara. Hal itu sudah terlihat sejak kuartal-III/2021, dimana pencarian properti di kedua wilayah itu naik 2,79 persen dibanding kuartal sebelumnya.

“Seperti yang kita tahu, properti di Jakarta tidak ada yang murah. Rerata harganya Rp1 miliar hingga Rp2 miliar ke atas. Kami lihat ada peningkatan pencarian di wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Pusat,” kata Marine dalam keterangan resminya, dikutip Selasa (11/1/2022).

Berdasarkan data Rumah.com, jumlah pencari hunian dengan harga di atas Rp1 miliar mencapai 52 persen dari total pencari rumah di Rumah.com pada kuartal III/2021.

Baca Juga: Akhir Bulan Ini, Pabrik DME Pengganti Elpiji Mulai Dibangun

“Yang mencari rumah dengan harga lebih dari Rp4 miliar ada 16 persen, yang mencari rumah Rp1,5 miliar hingga Rp4 miliar sebanyak 25 persen, pencari rumah Rp1 miliar hingga Rp1,5 miliar 10 persen,” ungkap Marine.

Dari catatan Rumah.com, pencari rumah dengan harga Rp750 juta hingga Rp1 miliar sebanyak 9 persen, pencari rumah seharga Rp300 juta hingga Rp750 juta 23 persen, dan yang mencari rumah dengan harga di bawah Rp300 juta sebanyak 16 persen.

Terdapat sejumlah wilayah lain yang menjadi kawasan incaran pembeli properti tahun ini. Yaitu Tangerang Raya, Kota Bogor, dan Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Ia.menilai, banyaknya pembangunan infrastruktur terkait transportasi menjadikan Tangerang Raya magnet bagi pencari rumah.

Baca Juga: Tax Amnesty Jilid II Jalan 10 Hari, Pemerintah Ungkap Perolehan Harta Wajib Pajak Rp1,04 T

"Cipondoh dan Karang Tengah menjadi dua area yang paling prospektif di Kota Tangerang. Pada Kuartal III/2021 harga properti di Cipondoh naik sekitar 20 persen secara tahunan, sedangkan di Karang Tengah naik 41 persen secara tahunan," papar Marine.

Wilayah lain dengan tren pencarian properti meningkat tahun lalu adalah Kota Bogor. Meski harga properti di wilayah itu cenderung stagnan, suplai atau ketersediaan propertinya tumbuh banyak.

“Wilayah terakhir yang akan menjadi incaran konsumen pada tahun ini adalah Kabupaten Gresik, sebagaimana diketahui di wilayah itu terdapat tiga ruas jalan tol yang terhubung dengan Trans-Jawa,” ucapnya.

Di Kabupaten Gresik, kata dia, juga terdapat kawasan Java Integrated Industrial and Port Estate sebagai kawasan industri besar yang benar-benar menarik investor dan pekerja, sehingga hunian cukup dibutuhkan di kawasan tersebut.



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.